BERITA UTAMAMIMIKA

Imbangi Harga Pasar, Toko Tani Dinas Ketahanan Pangan Mimika Libatkan Mama-mama Papua

cropped cnthijau.png
9
×

Imbangi Harga Pasar, Toko Tani Dinas Ketahanan Pangan Mimika Libatkan Mama-mama Papua

Share this article
Toko Tani
Toko Tani

Timika, fajarpapua.com – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika telah membangun Toko Tani yang digadang-gadang dapat membantu menyeimbangkan harga pasar dengan membeli barang langsung dari para petani dan juga dari hasil kebun Mama-mama Papua.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika, Yulius Koga pada Jumat (5/8) mengatakan Toko Tani yang dibangunnya itu merupakan program yang akan terus dikembangkan dalam jual beli produk lokal.

ads

Toko dengan ukuran sekitar 7×10 meter itu dibangun hingga menelan anggaran sebanyak kurang lebih Rp 700 juta lengkap dengan fasilitas.

“Kami bantu para Mama-mama Papua khususnya dalam pemasaran, jadi kita jual di sini sesuai dengan harga pasar dan bahkan lebih murah dari harga pasar dengan kita mensubsidi nya,” ujarnya.

Toko yang direncanakan akan dibuka pada dalam waktu dekat ini masih dalam persiapan pengoperasian, untuk bangunannya sendiri sudah rampung 100 persen.

Dengan menunggu dioperasikannya toko tersebut, pihaknya juga mendatangi para petani lokal, Mama-mama untuk berkoordinasi terkait penjualan dari hasil kebun mereka.

“Kita kasih pemahaman dulu kepada Mama-mama, karena nanti yang kami ambil itu dari mereka yang mau menjual,” paparnya.

Untuk komoditi yang akan dijualnya yakni singkong, petatas, sayur-sayuran, daging, telur dan beberapa jenis kebutuhan pangan lainnya.

Dengan adanya ini, kata dia, telah disediakan uang untuk nantinya mensubsidi barang yang dibeli dari para Petani maupun mama mama sebesar 500 juta dalam setahun. Apabila uang tersebut habis dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, maka penjualan akan kembali normal dengan harga pada umumnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *