BERITA UTAMAPAPUA

Pilih Pengurus Baru dan Tingkatkan Prestasi Olahraga, KONI Kabupaten Jayapura Gelar Musorkab

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Pilih Pengurus Baru dan Tingkatkan Prestasi Olahraga, KONI Kabupaten Jayapura Gelar Musorkab

Share this article
IMG 20220803 WA0077
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw saat membuka Musorkab KONI Jayapura

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Jayapura,fajarpapua.com-Komite Olaraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jayapura, Senin (8/8) menggelar musyawarah olahraga kabupaten (Musorkab) ke-IV dalam rangka memilih dan menyusun kepengurusan baru periode 2022- 2027.

Musorkab yang berlangsung di Hotel Horex Sentani tersebut dihadiri Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, Wakil Sekretaris KONI Provinsi Papua, George Weyasu, Carateker KONI Kabupaten Jayapura, Fredy Sokoi dan seluruh cabang olahraga.

Wakil Sekretaris KONI Provinsi Papua, George Weyasu mengatakan pelaksanaan Musorkab KONI Kabupaten Jayapura ini sesuai dengan Surat keputusan KONI Papua untuk mempercepat pemilihan pengurus yang baru agar tidak terjadi kekosongan, karena KONI Kabupaten Jayapura penting sekali bagi KONI Provinsi Papua.

Pasalnya, KONI Kabupaten Jayapura dalam pelaksanaan PON 2021, kontribusi atlet paling banyak berasal dari daerah ini. “Dari 98 altelt yang mendukung kontingen Papua, itu 48 atlet Kabupaten Jayapura berkontribusi menyumbangkan medali bagi Kontingen Papua,”katanya.

Oleh karena itu, kami merasa bahwa KONI Kabupaten Jayapura setelah berakhirnya masa tugas pengurus lama, maka harus segera dilaksanakan Musorkab untuk memilih pengurus baru karena program yang telah dicanangkan KONI Papua dalam penjaringan atlet yaitu dalam pelaksanaan Pekang Olahraga Provinsi pada bulan November 2022 mendatang.

KONI yang paling cepat merespon adalah KONI Kabupaten Jayapura dan telah melaksanakan Porkab II dengan sukses dan lanca. Sedangkan KONI kabupaten lainnya belum laksanakan Porkab untuk dukung kegiatan pekan olahraga Papua nanti,”ujar George Weyasu.

Lanjut dia, pelaksanaan Musorkab hari ini merupakan bagian dari konsolidasi yang wajib dilaksanakan agar kepengurusan yang baru terbentuk, persiapan atlet hasil pelaksanaan Porkab beberapa bulan lalu sudah mulai terjaring atau dipanggil untuk pelaksanaan Pekang Olahraga Provinsi.

Sementara itu Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menjelaskan agar Kabupaten Jayapura tetap menjadi barometer dalam pelaksanaan olahraga melalui Musorkab ini kedepan.

“Kami sampaikan kepada KONI Kabupaten Jayapura yang sudah sampaikan dukungannya untuk kemajuan olahraga dikabupaten ini,”jelas Bupati Mathius Awoitauw.

Menurut dia, pemerintah Kabupaten Jayaoura terus memberikan dukungan terhadap kemajuan olahraga mulai dari tingkat Distrik dan Kampung dimana pemerintah telah mengucurkan dana kepada KONI Rp 23 milar termasuk di dalamnya Porkab.

“Inilah salah satu bentuk kesungguhan pemerintah baik eksekutif dan legislatif dalam peningkatan olahraga sebagai pusat pembibitan altel di tanah Papua,”tuturnya.

Selanjutnya pemerintah Kabupaten Jayapura juga akan memberikan perhatian pada olahraga kedepan meskipun Bupati Jayapura dua tahun kedepan akan dipimpin carateker sampai ada pemerintah yang defenitif dan kami telah mempersiapkan daerah dalam menghadap pekan olaraga kedepan seperti persiapan pelaksanaan PON di Medan nanti.

“Kita berharap agar terus menjaga prestasi-prestasi olahraga yang telah dicapai maupun prestasi lainnya. Jadi saya menyampaikan terima kasih kepada pengurus KONI Kabupaten Jayapura bahwa kita sudah menyelesaikan Porkab dan ini merupakan prestasi yang luar biasa dengan hadirnya atlet-atlet muda,”ungkapnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *