BERITA UTAMAPAPUA

Musim Kemarau, PDAM Salurkan Air Bersih Gratis Untuk Masyarakat Jayapura

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Musim Kemarau, PDAM Salurkan Air Bersih Gratis Untuk Masyarakat Jayapura

Share this article
981ca894 2c47 4e59 a3b5 900699d38817
Foto: HSB Petugas PDAM Jayapura saat menyalurkan air disalahsatu rumah warga.

Jayapura,fajarpapua.com – Kemarau yang sudah berlangsung satu minggu mulai dirasakan masyarakat Kota Jayapura.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura, mulai menyalurkan air bersih ke sejumlah masyarakat yang mulai kesulitan mendapatkan air.

ads

Penyaluran air bersih dilakukan dengan layanan air tangki gratis pada pelanggan yang terdampak kekurangan debit air bersih di wilayah Jayapura.

Direktur Utama PDAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, mengatakan akibat tidak turunnya hujan selama satu minggu menyebabkan debit air bersih di PDAM Jayapura berkurang.

“Pada musim kemarau yang terjadi saat ini, masyarakat mulai merasakan kekurangan air bersih dari layanan PDAM akibat tidak turunnya hujan selama satu minggu,” jelas Entis Sutisna, Senin (5/9).

Menurut dia, tidak turunnya hujan berpengaruh pada kapasitas produksi dan menurunnya debit air di intake PDAM, sehingga kami memberikan layanan air tangki gratis kepada pelanggan.

Dikatakan dia, layanan tangki air gratis ini diberikan kepada pelanggan yang tertib membayar rekening air dan diharapkan bisa memanfaatakn layanan air gratis selama menurunnya kapasitas produksi air.

“Bagi pelanggan yang rajin membayar air, kami akan mengkoordinir bantuan truk tangki air gratis untuk didistribusikan ke seluruh wilayah pelayanan PDAM Jayapura,” katanya.

Entis menjelaskan, bagi pelanggan yang ingin mendapatkan air tangki gratis bisa mengisi persyaratan permohonan air gratis dengan melampirkan bukti pembayaran rekening air terakhir, dan untuk 1 rit truk tangki air dapat dimanfaatkan 4 nomor identitas pelanggan (ID Pelanggan).

Bantuan air gratis itu sebagai respon PDAM terhadap siklus tahunan tahunan di Jayapura seperti musim kemarau.

“Solusi yang kami lakukan ini bisa memaksimalkan pelayanan atas faktor alam di musim kemarau ini,”ucap Entis.

Ia berharap musim kemarau ini tidak berlangsung lama karena ketersediaan air bersi di Jayapura tergantung pada curah hujan membawa dampak luar biasa di mana PDAM Jayapura sangat tergantung dengan kondisi alam ketika pegunungan Cyclop sudah rusak dan curah hujan berkurang, secara nyata berpengaruh terhadap pelayanan PDAM.

Disebutkan Entis, PDAM Jayapura juga telah menyiapkan tim penanganan musim kemarau di seluruh Unit Pelaksana Pelayanan (UPP), untuk melakukan pengaturan di sumber air agar dapat pendistribusian air dengan maksimal kepada pelanggannya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *