BERITA UTAMAPAPUA

Masyarakat Kampung Yokiwa Bangun “Bukhere” Sukseskan KMAN di Jayapura

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Masyarakat Kampung Yokiwa Bangun “Bukhere” Sukseskan KMAN di Jayapura

Share this article
IMG 20220923 WA0070
Foto: HSB Nampak sarang ikan atau Bukhere yang dibangun oleh warga Kampung Yokiwa.

Jayapura, fajarpapua.com-Semangat masyarakat adat untuk mempersiapkan penyelanggaraan serasehan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI Oktober 2022 di kampung-kampung, sudah nampak.

Salah satunya, masyarakat adat Kampung Yokiwa. Mereka siap mendukung konsumsi peserta serasehan dengan membuat sarang ikan atau dalam bahasa Sentani disebut “Bhukere. “

ads

“Bhukere ” atau sarang ikan yang dibuat oleh masyarakat Adat Kampung Yokiwa tersebut, guna menunjang persediaan stock ikan danau bagi konsumsi peserta yang akan mengikuti serasehan di Kampung Adat Yokiwa.

Menurut salah satu tokoh adat Yokiwa, Arnold Awoitauw, bahwa Jumlah “Bhukere” yang dibuat oleh masyarakat Adat Yokiwa, ada empat buah Bhukere yang di sebar di beberpa titik sebagai sarang untuk memancing ikan-ikan asli seperti Kahebet, kayou dan jenis ikan lainya masuk.

” Ada empat bhukere yang kami buat untuk serasehan nanti, biar tamu bisa menikmati ikan asli dari danau Sentani” ungkap Arnold Awoitauw .

Mewakili Ondofolo Yokiwa, Arnold Awoitauw mengakui, bahwa Bhukere yang dibuat oleh masyarakat ini sudh, sejak enam bulan lalu, dan selanjutnya akan dipanen pada pelaksanaan Serasehan Kongres Masyarakat Adat Nusantara KMAN VI di kampung Yokiwa .

“Sudah enam bulan lalu, kami siapkan Bhukere itu dalam rangka KMAN. Saat Serasehan, kami akan panen untuk konsumsi Peserta, ” katanya.

Lanjutnya, Kampung Yokiwa sendiri merupakan 1 dari 12 lokasi serasehan Kongres Masyarakat Adat Nusantara KMAN VI di Tanah Tabi, sehingga segala persiapan baik fasilitas, rumah , Obhe dan MCK , serta fasilitas pariwisata telah dipersiapkan masyarakay Kampung Adat Yokiwa.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *