BERITA UTAMAMIMIKA

Transformasi Bisnis di Era Serba Digital, JNE Dukung UMKM Timika Bangkit Pasca Pandemi, Gelar Webinar Ngajak Online 2022

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3
×

Transformasi Bisnis di Era Serba Digital, JNE Dukung UMKM Timika Bangkit Pasca Pandemi, Gelar Webinar Ngajak Online 2022

Share this article
IMG 20221004 WA0037
Kegiatan Webinar JNENgajak Online Goll...Aborasi Bisnis Online 2022

Timika, fajarpapua.com – Pandemi COVID-19 yang melanda tanah air sejak Maret 2019 silam berakibat pada performa puluhan juta UMKM termasuk UMKM Timika. Faktanya, tidak sedikit pebisnis yang menghadapi berbagai kesulitan dalam melakukan adaptasi menuju era digital. Urgensi ini menjadi faktor utama bagi JNE mengadakan webinar JNENgajak Online, Goll…Aborasi Bisnis Online 2022.

Sebagai perusahan yang bergerak dibidang logistik, JNE ketiga kalinya menghadirkan JNE Goll..Aborasi Ngajak Online yang kali ini bertempat di Kota Timika pada Selasa, 4 Oktober 2022 secara virtuali melalui ZOOM.

ads

Mengangkat tema ‘Transformasi Bisnis di Era Serba Digital’, webinar ini dihadiri oleh Harianto selaku Branch Manager JNE Timika dengan kedua pegiat UMKM Timika yaitu Achmad Akbar selaku Owner Achmad Souvenir dan James Worang selaku Owner Jasy Wong.

“Dengan acara ini, JNE sebagai perusahaan murni nasional ikut serta memajukan bangsa tercinta terkhususnya UMKM Timika untuk dapat bersaing di daerah lainnya serta mengembangkan tiap usaha secara digital,” buka Harianto.

Dalam menghadapi transisi penjualan dari offline ke online, Achmad Akbar selaku Owner Achmad Sovenir menjelaskan adanya keuntungan dan kemudahan yang dirasakan sebagai pemilik bisnis oleh-oleh khas Papua, utamanya dalam berinteraksi dengan customer.

“Perpindahan ke online ini cukup banyak keuntungannya, kita bisa memanfaatkan setiap fitur yang disediakan dari tiap platform, hal itu mempermudah kami untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan. Seperti contohnya banyak customer melakukan pemesanan oleh-oleh melalui WhatsApp,” paparnya.

Di sisi lain, James Worang sebagai pemilik toko rohani Nasrani, Jasy Wong tetap tidak beralih dari penjualan melalui toko offline. Berkolaborasi bersama JNE, James berinovasi dengan mewujudkan pemasaran OMNI Channel atau penjualan lintas platform baik offline dan online.

“Awalnya kami memang offline tapi kami tidak beralih, melainkan menambahkan pasar dengan penjualan online melalui media sosial seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp. Sementara dari sisi pengiriman, kami dibantu oleh JNE. Kami juga merasakan dampak dari media sosial seperti FaceBook Ads yang menarik lebih banyak konsumen berpotensi,” katanya.

Potensi digitalisasi bagi UMKM yang mampu memperluas pasar, tak lepas dari berbagai kendala seperti kurangnya SDM yang menguasai serta gangguan akses internet. Berangkat dari kendala ini, JNE Timika berinisiasi untuk membantu UMKM Timika.

“Pastinya kami selalu ada untuk membantu perkembangan UMKM khususnya di Timika. Kami hadir dengan segala program yang dapat digunakan oleh teman-teman UMKM, seperti pelatihan untuk proses pengiriman barang dan program lainnya yang mendukung UMKM
Timika,” ujar Harianto.

Dalam webinar ini, terlihat optimisme ratusan pegiat UMKM Timika yang hadir dalam mempertahankan bisnisnya dengan konsistensi dan keinginan untuk belajar mengenai digitalisasi.

Sebagai informasi, Timika merupakan kota ke-47 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Timika, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Yogyakarta pada 7 Oktober 2022.(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *