BERITA UTAMAPAPUA

Kabar Gembira, Tahun 2025 Polda Papua Tengah Terbentuk? Ini Penjelasannya….

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
46
×

Kabar Gembira, Tahun 2025 Polda Papua Tengah Terbentuk? Ini Penjelasannya….

Share this article
IMG 20221129 WA0071
Perwira Penghubung Persiapan Polda Papua Tengah, Kombes Pol Gustav Urbinas. Foto : Reyno

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Timika, fajarpapua.com – Kabar gembira, rencana pembentukan Polda Papua Tengah nampaknya saat ini serius direncanakan oleh pimpinan Polri.

Bahkan diperkirakan pada Tahun 2025 mendatang, Polda Papua Tengah kemungkinan besar akan resmi terbentuk.

“Saat ini sedang dilakukan pemetaan oleh Perwira yang dari Polda Papua bersama pihak Mabes Polri dalam rangka persiapan pembentukan Polda Papua Tengah,” ujar Perwira Penghubung Persiapan Polda Papua Tengah Kombes (Pol) Gustav Urbinas ditemui usai apel HUT Korpri di kantor pusat pemerintahan Kabupaten Mimika saat mendampingi Pj. Gubernur Papua Tengah, Selasa (29/11).

Meski demikian pihaknya belum bisa memastikan Polda Papua sudah bisa terbentuk pada Tahun 2025, pasalnya untuk pembentukan Polda Papua Tengah baru akan dilakukan dan akan cukup memakan waktu.

“Cuma nanti dilihat apakah sudah ada bisa ada perangkat untuk pengamanan Pilkada 2024. Atau kita masih tersuport dari satu Polda,” kata Gustav saat

Sebagai perwira penghubung yang ditunjuk dalam persiapan pembentukan Polda Papua Tengah, Urbinas mengungkapkan pihaknya bertugas saat ini mendukung Pj. Gubernur Papua dalam rangka pembentukan pemerintahan dan mengkoordinir delapan Kapolres yang ada diwilayah Polda Papua Tengah.

“Selain itu juga mengkomunikasikan kepada Polda Papua terkait penanganan Kamtibmas Kabupaten-kabupaten diwilayah pegunungan tengah. Termasuk pemetaan pembentukan Polda Papua Tengah,”ungkapnya.

Untuk pemetaan menurutnya saat ini pihaknya sedang melakukan pemetaan sarana dan prasarana bersama Mabes Polri. Termasuk pemetaan pembangunan Kantor Polda Papua Tengah.

“Juga dilakukan pemetaan personil, yang dupayakan setiap tahun adanya penambahan dengan cara rekrutmen secara reguler maupun secara Noken yang sudah dilakukan sebelumnya,”tuturnya.

“Untuk Polres-Polres nanti waktu akan mendekati untuk pembentujan Polda diresmikan pasti akan dipetakan. Siapa nanti ditempatkan dimana termasuk juga melihat domisili dari anggota, tapi itu masih jauh,”ujarnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *