BERITA UTAMAPAPUA

Bupati Jayapura Resmikan 15 Unit Rumah ASN di Distrik Unurumguay

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Bupati Jayapura Resmikan 15 Unit Rumah ASN di Distrik Unurumguay

Share this article
IMG 20221202 WA0073
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, meresmikan rumah bagi ASN di Kampung Buasom, Distrik Unurumguay, Kabupaten Jayapura.

Jayapura, fajarpapua.com– Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, meresmikan rumah bagi ASN di Kampung Buasom, Distrik Unurumguay, Kabupaten Jayapura.

Jumlah rumah 15 unit rumah yang telah diresmikan diberikan kepada ASN yang bertugas di Distrik Unurumguay.

ads

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menyampaikan perumahan yang dibangun ini dikhususkan bagi ASN yang bekerja di Distrik Unurumguay.

“Kita harap pak distrik nanti bisa atur pegawai yang tinggal di rumah dinas ini. Jangan turun lagi ke kota, dan bila perlu kalau turun ke kota harus ijin distrik secara khusus yang tinggal diperumahan ini,” kata Bupati Mathius Awoitauw, Jumat (2/12).

Bupati berharap pegawai yang tinggal di perumahan tersebut bisa fokus bekerja ada selalu ditempat agar pelayanan pada masyarakat bisa berjalan maksimal.

“Kita kasih perhatian kepada guru-guru, tenaga medis supaya anak-anak kita yang tinggal disini bisa lebih cerdas, pintar dan waktu belajar cukup karena guru-guru tetap ada ditempat. Kita butuh masa depan masyarakat asli Unurumguay untuk menjadi pemimpin dan tidak hanya sebagai kepala distrik, tetapi bisa jadi bupati maupun gubernur melalui pendidikan,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Bupati, SDM masyarakat Unurumguay ini sejak dini harus dipersiapkan dengan baik melalui keberadaan tenaga medis, posyandu, gizi, guru, sehingga mereka-mereka yang mengabdi dan tinggal bersama masyarakat daerah itu perlu diperhatikan dengan baik dengan menyiapkan rumah tempat tinggal.

Dengan menyiapkan SDM dan karakter dari dasar dengan baik maka anak-anak ini bisa sekolah dengan bagus. “Kita jangan mimpi kalau menjadi anak-anak yang hebat kalau dasarnya tidak kuat, karena itu SDM itu penting untuk Urumguay khususnya bagi pembangunan wilayah empat,” ungkap Awoitauw.

Lanjut dia, masyarakat adat, gereja, adat, polisi, TNI harus bersatu membangun Distrik Unurumguay. “Kita harus kerjasama, kalau bukan kita siapa lagi yang bangun daerah ini. Kita bisa ambil contoh dari polsek, danramil mereka setia menekuni pekerjaannya. Bahkan daerah ini aman itu karena dukungan dari TNI, Polri,” tambahnya.

Bupati Awoitauw berpesan kepada masyarakat adat agar jangan berpikir kepada hal yang bukan urusannya, tetapi bersama-sama memajukan daerah dan menjaga keamanan ditempat tersebut.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pertanahan, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (DP2KP) Kabupaten Jayapura, Tery Ayomi menyampaikan pembangunan rumah ASN di Distrik Unurumguay ini bersumber dari Dana Alokasi Khususu (DAK) tahun 2022, dengan total anggaran Rp4.214.245.00.

Rumah sebanyak 15 unit ini dikerjakan oleh CV Pucak Cyclop yang dikerjakan sejak bulan April hingga Oktober 2022. “Rumah ini peruntukannya untuk ASN Distrik Unurumguay dan dipelihara oleh distrik setelah diserahkan,” katanya.

Menurut dia, pembangunan rumah ASN di Unurumguay merupakan tahun ke tiga. Dikatakan selama tiga tahun pihaknya telah membangun 42 unit rumah terdapat di Distrik Unurumguay, Airu, dan Distrik Kemtuk yang bersumber dari DAK dengan total anggaran Rp 3 miliar lebih.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *