BERITA UTAMAPAPUA

Pembersihan Tebu Rawa di Sungai Weldeman Dimulai, Penjabat Bupati Mappi Target Tuntas Sebelum Natal

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Pembersihan Tebu Rawa di Sungai Weldeman Dimulai, Penjabat Bupati Mappi Target Tuntas Sebelum Natal

Share this article
IMG 20221203 WA0027
Penjabat Bupati Mappi bersama tokoh agama, tokoh adat serta pimpinan TNI/Polri berfoto dengan latar excavator yang digunakan untuk membersihkan tebu rawa di Sungai Weldemen. Foto: Istimewa

Mappi, fajarpapua.com– Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP,M.Si bersama tokoh adat, tokoh Agama, Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA), Wakil Ketua DPRD Mappi beserta Pimpinan TNI/Polri memantau langsung pelaksanaan normalisasi Sungai Weldemen.

Pembersihan tebu rawa disepanjang Sungai Weldeman yang dimulai pada Jumat (2/12) tersebut diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Pastor Rocky Wowor, MSC.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Dalam kesempatan itu, Penjabat Bupati Mappi berharap proses pengerjaan yang sudah mulai dapat berjalan dengan lancar.

Dirinya berharap agar pembersihan tebu rawa terutama disepanjang jalur transportasi air di Sungai Weldemen bisa selesai menjelang perayaan hari raya Natal.

Dikatakan langkah pembersihan tebu rasa tersebut merupakan aspirasi yang disampaikan warga di lima distrik, pada saat dirinya melakukan kunjungan kerja beberapa pekan lalu.

“Masyarakat sangat berharap agar dilakukan pembersihan tebu rawa, terutama bagi masyarakat di lima Distrik yakni, Distrik Pasue, Distrik Pasue Bawah, Distrik Citak Mitak, Distrik Kaibar dan Distrik Tizain,” ujarnya.

Dengan dilaksanakannnya pembersihan tebu rawa di Sungai Weldemen ini lanjutnya, akses transportasi sungai di lima distrik tersebut dapat berjalan lancar terutama dalam menyongsong perayaan Natal dan Tahun Baru.

Terkait dengan kegiatan pembersihan tebu rawa di Sungai Weldemen, tahun ini pihaknya fokuskan pada pembukaan jalur transportasi sehingga speedboat, belang maupun ketinting bisa melintas tanpa ada hambatan.

“Target kita Tahun 2022 ini untuk pembersihan jalur transportasi sungai jadi tidak perlu lebar, akan tetapi kita fokus untuk membuka jalur sehingga bisa dilewati speedboat, belang maupun ketinting. Dengan begitu aktivitas masyarakat bisa berjalan lancar dan intinya tidak ada hambatan lagi,”tegasnya.

Penjabat Bupati Mappi menjelaskan, proses pembersihan tebu rawa ini akan dilanjutkan pada Tahun 2023 dan telah dialokasikan penganggarannya.

“Selain pembersihan yang sudah dilaksanakan saat ini. Untuk tahun depan kita masih berlanjut, dan target kita di tahun depan untuk pelebaran. Dengan begitu kapal besar sudah bisa masuk,”ucapnya.

Penjabat Bupati Mappi juga menilai pembersihan tebu rawa ini sangat penting bagi pembangunan wilayah, karena proses penyaluran material nantinya dapat berjalan dengan lancar.

“Kita berharap sebelum perayaaan Natal akses transportasi di sungai Weldeman dapat berjalan lancar,” pungkasnya (MPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *