BERITA UTAMAMIMIKA

Perayaan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2022, Plt Bupati Mimika: Tahun Depan Pemerintah Siapkan Lahan untuk SLB Negeri Mimika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
10
×

Perayaan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2022, Plt Bupati Mimika: Tahun Depan Pemerintah Siapkan Lahan untuk SLB Negeri Mimika

Share this article
IMG 20221203 WA0050
Perayaan Hari Disabilitas Internasional di Grand Tembaga Hotel

Timika, fajarpapua.com – Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Mimika pada 3 Desember 2022 merayakan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dengan mengusung tema ‘Peran Inovasi Mendorong Dunia Yang Dapat Diakses dan Adil Bagi Penyandang Disabilitas’ yang digelar di Grand Tembaga Hotel, Sabtu (3/12).

Dalam perayaan tersebut ditampilkan berbagai kreativitas seperti menyanyikan lagu tentang Disabilitas, Penampilan Tari Wonderland, serta Penampilan Puisi yang dibawakan oleh anak penyandang disabilitas SLB Negeri Mimika.

ads

Perayaan itu juga dihadiri oleh Tim Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua yang berjumlah 19 orang sebagai bentuk dukungan terhadap SLB Negeri Mimika.

Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua, Laorens Wantik dalam sambutannya mengatakan pihaknya merasa bersyukur hadir bersama merayakan Hari Disabilitas Internasional.

“Sekitar 19 orang kami datang dari Jayapura dan ini bentuk dukungan kami, meski berbeda bukan untuk membeda-bedakan, kami semua sama,” ujarnya.

Secara akademik untuk menangani anak-anak Difabel memang menjadi kewenangan Dinas DPPAD Provinsi Papua terutama Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus.

“Kita akui memang kita masih punya keterbatasan yang begitu besar, namun kita harus tetap memposisikan diri dengan memandang semuanya sama,” katanya.

Dikatakan bahwa sering kali dinas-dinas yang ada seperti Dinas Pendidikan melihat sekolah disabilitas dengan sebelah mata.

“Nah ini kita mengajak saling bergandeng tangan untuk melihat anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di Provinsi Papua,” tuturnya.

“Harap bekerjasama, berkolaborasi untuk membawa meraka (anak-anak difabel) seperti kita yang lain,” Imbuhnya.

Sementara itu Plt. Bupati Mimika, Johanes Rettob mengatakan pihaknya mengajak semua pihak memberikan perhatian terhadap kaum Disabilitas.

“Kita harus beri perhatian penuh kepada kaum disabilitas, mereka punya hak yang sama, kita diberikan kesehatan, tetapi ada saudara kita, Anak-anak kita cacat apa saja dan Kita berikan dukungan dan perhatian dan segala sesuatu kepada mereka,” ujarnya.

Plt. Bupati Mimika juga berpesan kepada Dinas Sosial Kabupaten Mimika agar terus memperhatikan dengan mengunjungi serta membantu kebutuhan SLB Negeri Mimika.

“Ini anak-anak Mimika, sehingga kita harus betul-betul perhatikan dengan baik. Tahun depan kami sudah siap bebaskan tanah untuk SLB Mimika dan berharap dengan SD, SMP, SMA ada fasilitas lapangan dan latihan lain-lain,” katanya.

Plt. Bupati Mimika juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah para Guru-guru SLB Negeri Mimika yang telah meluangkan waktu, tenaga untuk mendidik anak-anak berkebutuhan khusus di Mimika.

“Dan kepada semua orang tua harus dengan tekun dan tabah membawa anak-anak ini untuk sekolah dan beri perhatian yang sama,” tuturnya.

“Semoga hari disabilitas ini menjadi momentum untuk kita bangkit menjadi seperti kita semua,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial Kabupaten Mimika berupa 10 Unit Kursi roda kepada SLB Negeri Mimika dan lima diantaranya diterima oleh Yayasan Chinta Bella. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *