BERITA UTAMAPAPUA

Polda Papua Kerahkan 2.470 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
10
×

Polda Papua Kerahkan 2.470 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru

Share this article
IMG 20221222 WA0086
Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri saat mengecek kesiapan personil yang terlibat dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023.Foto: HSB

Jayapura, fajarpapua.com– Kepolisian Daerah Papua menggelar Apel Pasukan Operasi Lilin Cartenz 2022 dalam rangka mempersiapkan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mengharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 mampu berjalan dengan kondusif.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Hal tersebut sebagaimana hasil survei dari kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini.

“Operasi Lilin 2022, khusus di Provinsi Papua sendiri melibatkan total 2.470 personel Kepolisian di seluruh Papua yakni 350 Personel Polda dan 2.120 Personel Polres Jajaran,” ucapnya.

Ia menyampaikan, pada pengamanan Nataru, terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai. Pada sisi kesehatan, harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan covid-19, terlebih saat ini telah muncul subvarian baru omicron BN.1 yang lebih cepat menular.

Melihat hal tersebut, Kapolda Papua meminta untuk lakukan penguatan prokes terutama pada lokasi-lokasi dengan tingkat interaksi tinggi, imbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi booster guna meningkatkan imunitas dan optimalkan penggunaan aplikasi peduli lindungi.

“Pada sisi keamanan, terdapat beberapa potensi gangguan yang juga perlu diwaspadai, seperti kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyeberangan antar pulau, serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan,” tuturnya.

Kemudian khusus pengamanan ibadah natal, pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi melibatkan TNI, BNPT, Jibom Brimob, k-9 dan Densus 88/ AT.

Tidak hanya itu, ia juga melibatkan elemen masyarakat termasuk ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah natal sebagai wujud toleransi beragama.

“Perlu saya garis bawahi, keberhasilan pengamanan operasi lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas,” ungakapnya.

Diakhir amanat Kapolda Papua mengucapkan selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Semoga cahaya dan cinta kasih tuhan senantiasa memenuhi setiap relung hati kita, sehingga dapat membawa kebaikan serta optimisme di tahun baru, demi mewujudkan Indonesia emas 2045 yang kita cita-citakan bersama.

“Selamat bertugas dan Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan petunjuk, serta perlindungan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *