BERITA UTAMAMIMIKA

Anggota PPD 18 Distrik di Mimika Siap Laksanakan Pemilu 2024, Indra: Kalian Berurusan dengan Tuhan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
25
×

Anggota PPD 18 Distrik di Mimika Siap Laksanakan Pemilu 2024, Indra: Kalian Berurusan dengan Tuhan

Share this article
IMG 20230104 WA0042
Komisioner KPU Mimika dan anggota PPD berfoto bersama usai pelantikan di Hotel Cartenz Timika, Rabu (4/1).Foto: Reyno

Timika, fajarpapua.com – Para anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2024 Kabupaten Mimika resmi dilantik dan siap menjalankan tugas.

Ads

Pelantikan 90 orang anggota PPD di Kabupaten Mimika tersebut dilaksanakan di Hotel Cartenz, Jalan Budi Utomo Timika, Rabu (4/1).

Pelantikan 90 PPD dari 18 Distrik tersebut dilaksanakan berdasar Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika Nomor: 001 Tahun 2023 dan Lampiran SK KPU Nomor 001/HK.03.1/9019/2023, tentang penetapan dan pengangkatan PPD Kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah untuk Pemilu Tahun 2024.

Ketua KPU Mimika, Indra Ebang Ola dalam sambutannya mengatakan, diharapkan sumpah dan janji yang sudah diucapkan bisa di jaga oleh masing-masing anggota PPD.

Ditegaskan, sumpah dan janji yang diucapkan tersebut urusannya dengan Tuhan yang Maha Kuasa.

“Ingat kalau sudah ucapkan sumpah dan janji itu kalian berurusan dengan Tuhan bukan kepada KPU maupun Bawaslu,” katanya.

Menurutnya sebagai penyelenggara Pemilu di Kabupaten Mimika, PPD melaksanakan semua tahapan ditingkat Distrik atau Kecamatan.

Selain itu PPD juga harus mensosialisasikan dan menginformasikan terkait Pemilu secara adil dan secara terbuka kepada masyarakat.

“Agar masyarakat dapat menggunakan haknya, memahami dan mengetahui pentingnya merawat demokrasi di Kabupaten Mimika. Serta betapa pentingnya suara mereka untuk dialokasikan pada Pemilu 2024 nanti,” tuturnya.

Indra berpesan kepada seluruh anggota PPD yang sudah dilantik untuk menjaga prinsip kemandirian dan itegritas karena ada konsekwensi yang dituangkan dalam pakta integritas.

“Sanksi moral, administrasi dan hukum akan diberlakukan karena kalian sudah menandatangani pakta integritas. Oleh sebab itu secara sadar maupun tidak sadar secara hukum kalian siap menerima semua konsekwensi dari aturan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara terkait dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan usai pelantikan, Komisioner KPU Mimika Divisi Humas dan SDM Fidelis Piligame mengatakan, untuk Bimtek yang dilakukan usai pelantikan terkait tugas dan tanggung jawab PPD yang sudah menunggu.

Menurutnya nantinya setelah mendapatkan Bimtek anggota PPD langsung menjalankan tugasnya seperti sosialisasi, pemutahiran DPT serta kegiatan berkaitan dengan tahapan-tahapan lainnya.

“Intinya setelah Bimtek mereka melaksanakan tugas berkaitan dengan data dan kesiapan-kesiapan lainnya,”ungkapnya.(ron)

                                                      .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *