BERITA UTAMAPAPUA

Dukcapil Mimika Terus Dekatkan Pelayanan di Daerah Pesisir dan Pedalaman

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Dukcapil Mimika Terus Dekatkan Pelayanan di Daerah Pesisir dan Pedalaman

Share this article
IMG 20230108 WA0014
Pelayanan di Kantor Dukcapil mulai lenggang karena adanya pendekatan layanan di Kelurahan maupun Distrik.Foto : Reyno

Ads

Timika, fajarpapua.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mimika terus memaksimalkan pendekatan layanan masyarakat di daerah pesisir dan pegunungan.

Kepala Dinas Dukcapil Mimika Slamet Sutejo mengatakan tahun ini pihaknya akan membuka pelayanan di wilayah pesisir yang dipusatkan di Kokonao dan Atuka.

Selain itu Dukcapil Mimika juga akan fokus turun langsung ke kampung-kampung yang ada disejumlah wilayah distrik di pegunungan.

“Ini sebagai bentuk kepedulian dan komitmen pemerintah untuk semakin memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga terbangun kesadaran masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan,” kata Slamet, Jumat (6/1).

Menurutnya untuk wilayah pesisir akan dibuka pelayanan Adminduk di Kokonao dan Atuka sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kota.

Sementara untuk wilayah pegunungan pihaknya akan melakukan pelayanan door to door karena banyak kampung yang tidak terjangkau.

“Jadi dipesisir didua wilayah itu jaringan sudah stabil dan kantornya yang di bangun Pemda Mimika juga sudah bagus. Nanti yang bagian barat cukup di Atuka dan bagian timur cukup di Kokonao sehingga tidak perlu ke Timika, kita sudah siapkan perencanaannya dan anggarannya,” jelasnya.

Untuk SDM pelayanan wilayah terpencil sendiri akan menggunakan pegawai yang ada di wilayah tersebut, dengan memberikan pelatihan dan pendampingan.

“Pertama kita training dulu pegawai yang ada di Kelurahan dan Distrik. Kita harap keterlibatan dan peran serta teman-teman yang ada di Distrik dan Kampung agar mulai belajar,”ungkapnya,

Slamet menambahkan selain wilayah pesisir dan pegunungan Dukcapil Mimika juga terus mendekatkan pelayanan di wilayah Timika yaitu di Kelurahan, Kampung dan Distrik.

“Kita juga akan membuka pelayanan di Kelurahan Sempan dan Kelurahan Kwamki nanti masyarakat disekitar bisa lakukan pengurusan Adminduk. Untuk Kampung atau Kelurahan yang belum ada warganya bisa mendatangi di kelurahan terdekat yang sudah ada pelayanan Adminduknya. Contoh Otomona itu bisa lari ke Sempan nantinya,”ujarnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *