BERITA UTAMAPAPUA

Telan Dana Rp 206 Miliar, Kapolri dan Panglima TNI Resmikan Gedung Baru Polda Papua, Terima Kasih Untuk 3 Kepala Suku

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

Telan Dana Rp 206 Miliar, Kapolri dan Panglima TNI Resmikan Gedung Baru Polda Papua, Terima Kasih Untuk 3 Kepala Suku

Share this article
IMG 20230109 WA0003
Panglima TNI dan Kapolri foto bersama tokoh masyarakat usai peresmian gedung Mapolda Papua yang baru.

Jayapura, fajarpapua.com– Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono didampingi seluruh Kepala Staf TNI AD, AL dan AU meresmikan gedung baru Polda Papua di Distrik Muaratami, Koya Koso, Kota Jayapura, Papua pada Minggu (8/1/2023) malam.

Pada kedatangannya Panglima TNI dan Kapolri bersama rombongan disambut nyanyian selamat datang oleh Personel Polda Papua dan tari-tarian khas Kabupaten Keerom.

Ads

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri dalam sambutannya mengatakan, Polda Papua telah memiliki dan akan menempati gedung baru. Harapannya momentum tersebut bisa membawa semangat baru, semangat yang tidak pernah padam untuk menjaga stabilitas kamtibmas di tanah Papua dengan lebih baik lagi.

“Sejak berdirinya Polda Papua pada 1 Mei 1963, fasilitas yang diberikan negara, terus ditingkatkan menyesuaikan dinamika kebutuhan pelayanan masyarakat terhadap Polri. Untuk itu, gedung baru dan fasilitas penunjangnya harus diletakkan sebagai bagian dari upaya mendukung kinerja personel Polri agar semakin kuat,” kata Irjen Mathius Fakhiri.

Lebih lanjut dikatakan, gedung Polda Papua ini dibangun di atas lahan seluas 4,2 Hektar, dengan luas bangunan 15.000 M2, memiliki 5 gedung dengan pengerjaan selama 681 hari dengan nilai anggaran sebesar Rp. 206.601.423.500,-. (Dua Ratus Enam Milyar Enam Ratus Satu Juta Empat Ratus Dua Puluh Tiga Ribu Lima Ratus Rupiah).

“Bapak Penglima TNI dan bapak Kapolri serta hadirin yang saya hormati, pada kesempatan yang baik ini juga, izinkan kami menyampaikan apresiasi sekaligus rasa bangga kepada bapak Panglima TNI, serta bapak Kapolri yang telah memberikan kami penghargaan, berupa kesediaan untuk meresmikan markas Kepolisian Daerah Papua ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, kedatangannya bersama Panglima TNI dan kepala staf serta pejabat utama Mabes Polri dan Mabes TNI untuk meresmikan bangunan Markas Polda Papua Baru di Koya Koso. Hal ini menjadi bagian dari komitmen untuk menunjukkan bahwa TNI Polri begitu mencintai tanah dan masyarakat Papua.

“Dari laporan bapak Kapolda Papua progress pembangunan markas Polda Papua yang dilaksanakan memakan waktu 2 hingga 3 tahun, namun Alhamdulillah puji Tuhan dengan proses yang ada hari ini kita bisa mendapatkan kesempatan bersama Bapak Panglima TNI dan kepala staf untuk hadir Yang sebentar lagi akan dilaksanakan peresmian markas Polda Papua,” kata Kapolri.

Dia juga mengatakan dibangunnya markas Polda Papua yang baru di tempat yang strategis hal tersebut bertujuan agar sejalan dengan apa yang sudah direncanakan oleh presiden bahwa Papua harus maju seperti daerah-daerah lain di Indonesia yang mana Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi.

“Karena program yang sudah dicanangkan oleh Presiden saya terus mendorong pembangunan khususnya di wilayah Indonesia bagian timur bersamaan dengan pembangunan Sumber Daya Manusia,” ujarnya.

Kapolri juga berpesan kepada Kapolda Papua yang mana pembangunan Polda Papua tidak hanya sekedar membangun gedung namun juga bagaimana ke depan harus membangun kualitas pelayanan Kepolisian kepada masyarakat harus terus ditingkatkan dan harus betul-betul dilaksanakan sehingga masyarakat merasa nyaman dengan adanya fasilitas dan sarana prasarana yang lebih baik dan tentunya kualitas pelayanannya menjadi semakin baik.

“Hal ini yang saya titip kepada seluruh personil Polda Papua dan jajaran untuk betul-betul terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat Papua khususnya,” tuturnya.

Selain itu, Listyo mengatakan bahwa Polda Papua telah mencetak sejarah baru yaitu peresmian Polda diresmikan oleh panglima TNI, Kapolri dan 3 Kepala Staf Angkatan. Hal ini merupakan kado hari Natal dan tahun baru bagi masyarakat Papua.

“Hal ini juga menjadi contoh dan kunci bahwa sinergitas dan soliditas TNI Polri semakin hari semakin membaik dan kokoh yang mana dibuktikan pada kegiatan hari ini. Saya juga menekankan kepada bapak Kapolda Papua agar jajaran ke bawah untuk juga bisa meningkatkan sinergitas dengan anggota TNI maupun instansi lain,” tegasnya.

Menurutnya hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan stabilitas Kamtibmas di tanah Papua dan apabila stabilitas Kamtibmas dan stabilitas politik di Papua terwujud maka kesejahteraan masyarakat Papua tentu semuanya akan berjalan dengan baik.

Di tempat yang sama, Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono menyampaikan, patut bangga karena pada hari ini membuat sejarah baru yang mana baru pertama kali ada Polda yang diresmikan oleh panglima TNI dan Kapolri bersama tiga Kepala Staf Angkatan, hal tersebut menunjukkan betapa cintanya kami TNI Polri kepada tanah dan masyarakat Papua.

“Kedatangan kami ke Papua tidak memerlukan perencanaan yang lama begitu kami merencanakan waktu Sebentar dan memiliki kesepakatan bersama kami langsung berangkat ke Papua hal tersebut untuk menunjukkan betapa TNI Polri begitu mencintai Papua,” kata Panglima TNI.

Menurutnya, Gedung Mapolda Papua yang beralamat di Koya Koso Distrik Muara Tami yang mana lokasinya di atas bukit hal ini merupakan Polda pertama yang tempatnya berada di atas bukit.

“Markas Polda Papua yang baru ini merupakan suatu kebanggaan bagi personil Polda Papua oleh karena itu harus menjadi motivasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Papua khususnya,” ujarnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada tiga kepala suku yang sudah menghibahkan tanah begitu luas ini untuk pembangunan markas Polda Papua yang baru. Hal tersebut bukan untuk kepentingan Polda Papua saja namun untuk kepentingan kita bersama, sehingga pelayanan masyarakat tetap terjaga dan tentunya dengan hadirnya TNI Polri di sini tentunya akan memberikan keyakinan kepada masyarakat Papua khususnya bahwa TNI Polri siap menjaga keamanan dan ketertiban.

“Menjaga agar masyarakat Papua tetap Sejahtera serta dapat melaksanakan kehidupan berumah tangga dan kehidupan bermasyarakat juga kehidupan putra-putrinya yang sekolah tentunya dengan aman sehingga kami sejak awal waktu dilantik menjadi Panglima TNI selalu menyampaikan bahwa sinergitas kita TNI Polri harus kita jaga kita jaga dan kita tingkatkan terus ini semuanya demi untuk kesejahtraan bersama,” pungkasnya.

Kegiatan peresmian Mapolda Papua yang baru dihadiri oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali S.E, Pejabat Utama Mabes TNI dan Mabes Polri, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *