BERITA UTAMAPAPUA

Hari Ini Puncak Banjir Rob, Polisi Himbau Warga Pesisir Agar Waspada

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Hari Ini Puncak Banjir Rob, Polisi Himbau Warga Pesisir Agar Waspada

Share this article
IMG 20230121 WA0011
Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo

Jayapura, fajarpapua.com– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan surat edaran yang berisi peringatan adanya potensi banjir pesisir atau rob di semua wilayah di Papua akibat adanya fenomena super new moon atau fase bulan baru pada 21 Januari 2023.

Seperti yang disampaikan, pada tanggal 21 Januari 2023 terdapat fenomena super new moon atau fase bulan baru yang bersamaan dengan perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) sehingga berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

ads

Terkait hal tersebut, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo berharap warga yang kerap beraktivitas di laut untuk mewaspadai gelombang pasang atau banjir rob.

“Kami minta warga yang ingin melakukan aktifitas dengan menggunakan modal transportasi laut untuk dapat mengetahui data terupdate terkait cuaca,” ucap Kabid Humas saat ditemui di Media Center Bid Humas Polda Papua, Jumat (20/01).

Ia juga meminta kepada warga yang bertempat tinggal di lereng-lereng gunung juga tetap waspada tanah longsor dimana beberapa hari belakang ini itensitas curah hujan sangat tinggi disertai angin kencang.

“Kami juga berharap kepada warga untuk tidak mudah percaya tentang isu-isu yang disebarkan ke media sosial oleh orang-orang tidak bertanggungjawab. Memastikan dulu kebenaran informasi tersebut sebelum disebarkan kembali, agar tidak membuat resah warga lainnya,” pungkas Kombes Pol Benny.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *