BERITA UTAMAMIMIKA

Teguhkan Komitmen Perilaku Selamat dan Sehat, PTFI Resmi Buka BK3N 2023

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
22
×

Teguhkan Komitmen Perilaku Selamat dan Sehat, PTFI Resmi Buka BK3N 2023

Share this article
IMG 20230123 WA0058
Pembukaan peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2023 PT Freeport Indonesia di Hotel Rimba Papua Timika.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Timika, fajarpapua.comPT Freeport Indonesia (PTFI) secara resmi membuka Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) 2023 pada Kamis 12 Januari 2023 lalu, sebagai salah satu bentuk peneguhan komitmen perusahaan dalam menjunjung tinggi perilaku selamat dan sehat di lingkungan kerja.

Sejalan dengan tema BK3N tahun 2023 bertajuk “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja”, PTFI mengajak seluruh karyawan, mitra kontraktor, serta komunitas perusahaan untuk mengambil bagian dan terlibat secara aktif dalam menyukseskan BK3N di area kerja.

Dalam sambutannya, Ketua BK3N 2023 PTFI Suharto Sitorus berharap prinsip dan implementasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dapat terus digelorakan sepanjang tahun oleh seluruh pemangku kepentingan. Suharto sekaligus berterima kasih kepada manajemen PTFI yang mendukung pelaksanaan BK3N tahun 2023.

“Keselamatan kerja merupakan prioritas PTFI dalam menjalankan kegiatan produksi yang aman dan berkelanjutan. Hal ini tentunya tidak akan terwujud tanpa dukungan dan kontribusi setiap elemen yang terlibat di PTFI yang saling merangkul serta terus menjunjung perilaku selamat dan sehat,” ujarnya.

Meski pelaksanaan BK3N umumnya berlangsung selama satu bulan, PTFI akan merayakan BK3N selama dua bulan hingga 13 Maret 2023. Perayaan BK3N di lingkungan perusahaan mencakup berbagai kampanye K3 dalam bentuk webinar, sosialisasi keselamatan, hingga kompetisi internal antarkaryawan.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Mimika, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mimika Santy Sondang menekankan kembali relevansi BK3N sebagai momentum untuk menjunjung K3 dan menciptakan tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif. “Seringkali kita lupa bahwa penerapan budaya K3 yang baik dapat memberikan nikmat selamat dan sehat, sekaligus menghindarkan kita dari risiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja,” kata Santy pada kesempatan yang sama.

Santy menambahkan bahwa pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul tidak terwujud hanya dengan penerapan regulasi di bidang ketenagakerjaan. Pasalnya, pemahaman dan kesadaran semua pihak akan norma ketenagakerjaan, termasuk membangun dan menerapkan budaya K3 yang baik, juga menjadi salah faktor pendukung yang tidak kalah penting.

Pembukaan BK3N berpusat di Hotel Rimba Papua dan turut mengundang EVP Technical Services PTFI Christopher Zimmer, Pengawas Tenaga Kerja Muda, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dan Tenaga Kerja Provinsi Papua Sri Rampi, serta pimpinan perusahaan kontraktor. Perwakilan karyawan PTFI juga menghadiri acara baik secara langsung maupun virtual.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *