BERITA UTAMAMIMIKA

Buat Pizza dari Sagu, Demi Populerkan Bahan Pangan Lokal, BWA Wilayah Timika Gelar Lomba Pengolahan Makanan Sehat

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Buat Pizza dari Sagu, Demi Populerkan Bahan Pangan Lokal, BWA Wilayah Timika Gelar Lomba Pengolahan Makanan Sehat

Share this article
IMG 20230129 WA0030
Para pemenang berfoto bersama dewan juri usai pengumuman juara dan pembagian hadiah

ads

Timika, fajarpapua.com – Dalam rangka mempopulerkan dan mengenalkan bahan pangan lokal asli Kabupaten Mimika yang dibuat dalam berbagai olahan makanan sehat, Bakti Wanita Advent (BWA) menggelar lomba membuat olahan dari pangan lokal.

Kegiatan lomba yang diikuti 11 peserta antara lain dari BWA SP 2, BWA Timika Jaya, BWA Inauga, BWA Centrum, BWA Kerith, BWA Bhintuka, BWA Pomako, BWA Nasareth, BWA Limau Asri, BWA Karang Senang dan BWA Kebun Sirih, dilaksanakan di Gereja Advent Jemaat Inauga, Minggu (29/1).

Adapun macam kreasi makanan yang diikutkan dalam lomba seperti pizza, puding, cake, kue kering dan olahan lain yang berbahan dasar pangan lokal seperti sagu, singkong, petatas, keladi dan lainnya. Selain lomba juga dilakukan demo memasak pizza dan makanan lainnya dari bahan dasar sagu.

Ketua GMAHK Kabupaten Mimika Pdt. Jeskiel Tjao, M.Min mengatakan, lomba ini dilakukan agar BWA wilayah Mimika memiliki pengetahuan dan pemahaman yang benar tentang bagaimana menyajikan makanan yang sehat dengan bahan pangan lokal yang ada. Selain itu menurutnya injil bukan menyangkut tentang firman Tuhan saja tetapi juga menyangkut tentang semua hidup yang sehat.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar kaum wanita Advent di Mimika memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang bagaimana membuat dan mengolah makanan sehat dari bahan lokal,” katanya.

mengungkapkan, tujuan lain dari kegiatan tersebut sebagai kesempatan untuk dapat mengembangkan usaha yang mengangkat perekonomian keluarga. Oleh sebab itu Ia mengimbau agar BWA terus meningkatkan keterampilan dan kreasi sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

“Dapat sehatnya dan perekonomian meningkat, semakin banyak kaum wanita terlibat itu berarti pemahaman tentang pola hidup sehat dan peluang untuk membuka usaha lebih banyak yang dapat meningkatkan perekonomian,” ungkapnya.

Selanjutnya Koordinator BWA Wilayah I dan II Dina Waramori mengatakan, kegaiatan ini merupakan program BWA Klasis Mimika di tahun 2023.

“Ini juga sebagai ajang silaturahim antara seluruh BWA dan menjaga kekompakan. Karena kita masih punya beberapa kegiatan pelayanan besar yang akan diselenggarakan secara khusus pada bulan Juni 2023 yaitu Kebaktian Kebangunan Rohani serentak setanah Papua,” kata Dina.

Ia mengungkapkan diharapkan dengan kegiatan yang digelar tersebut para BWA diberdayakan untuk mengembangkan diri sehingga nantinya bisa membentuk usaha kecil.

“Kedepannya terkait oleh-oleh khas Mimika bisa didapat dari masing-masing Jemaat BWA yang ada diwilayah Mimika, selain itu juga bisa meningkatkan perekonomian,” ujarnya.

Dalam lomba tersebut tampil sebagai juara 1 dari BWA SP 2, juara 2 BWA Centrum, juara 3 BWA Ketith dan juara Favorit dari BWA Bhintuka serta beberapa juara harapan sehingga semua peserta mendapat hadiah dari panitia.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *