BERITA UTAMAMIMIKA

Rumah Sakit Tipe D Pratama di Kampung Banti 2 akan Segera Difungsikan, Dilengkapi 30 Tempat Tidur

cropped cnthijau.png
4
×

Rumah Sakit Tipe D Pratama di Kampung Banti 2 akan Segera Difungsikan, Dilengkapi 30 Tempat Tidur

Share this article
IMG 20230203 WA0033
Reynold Ubra. Foto : Reyno

Timika, fajarpapua.com – Rumah Sakit Tipe D Pratama di Kampung Bantu 2 Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika, Papua Tengah, akan difungsikan pada tahun 2023 ini.

Ditemui usai acara silaturahmi Dinas Kesehatan bersama awak media di salah satu restoran bilangan Jalan Budi Utomo, Jumat (3/1), Kepala Dinas Kesehatan Mimika Reynold Ubra menjelaskan pada Maret 2023 Rumah Sakit Pratama yang berlokasi di Kampung Banti 2 akan segera difungsikan. Rumah sakit tersebut berkolaborasi antara Pemkab Mimika bersama PT Freeport Indonesia.

Ads

“Tahun lalu melalui Plt Bupati Mimika sudah dilakukan penandatanganan MOU dengan PT Freeport terkait pembangunan dan sarana pendukung untuk rumah sakit tersebut,” ujarnya.

Kata dia, pemerintah melalui Dinas Kesehatan akan menjadi leading dalam pengelolaan Rumah Sakit di Desa Banti 2 tersebut. “Hal yang kurang tentunya dari PT Freeport siap membantu, dan kami harap kolaborasi ini dapat terus berjalan,” paparnya.

Fasilitas yang disediakan Poli Umum, Ibu dan Anak, Poli Penyakit Menular, Laboratorium, IGD, Ruang Rawat Inap dan Poli Rawat Jalan. “Kami menyiapkan 30 tempat tidur, ini karena sesuai rasio penduduk dan memang ada di daerah terpencil,” tuturnya.

Rumah sakit yang dibangun tersebut juga akan menjadi tulang punggung kesehatan khususnya di wilayah sekitar Tembagapura.

Ditanya mengenai apakah ada anggaran untuk penambahan fasilitas jika dibutuhkan, Kepala Dinas mengatakan untuk ruang disesuaikan dengan PERMENKES No 23 Tahun 2014 terkait dengan Rumah Sakit Pratama.(isa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *