BERITA UTAMAMIMIKA

Banyak Atlit Terlahir dari Suku Kamoro, Rafael : Sudah Saatnya Ketua Persemi Dipimpin Anak Asli Kamoro

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Banyak Atlit Terlahir dari Suku Kamoro, Rafael : Sudah Saatnya Ketua Persemi Dipimpin Anak Asli Kamoro

Share this article
Sekretaris APK, Rafael Taorekeyao
Sekjen APK, Rafael Taorekeyao

Timika, fajarpapua.com – Sekjen Aliansi Pemuda Kamoro (APK), Rafael Taorekeyau berharap ketua Persemi Mimika kali ini dijabat putra Kamoro. Pasalnya, selama ini salah satu suku asli Kabupaten Mimika itu telah menghasilkan banyak atlit yang mengharumkan nama Mimika

Rafael yang ikut dalam bursa pencalonan Ketua Persemi Mimika kepada fajarpapua.com, Sabtu (4/2/2023) mengemukakan, sebagai salah satu putra asli suku Kamoro-Mimika Wee dirinya merasa terpanggil untuk ikut memberi kontribusi bagi perkembangan olahraga sepakbola Mimika.

ads

“Saya mengantongi rekomendasi Lemasko dan APK, saya berharap bisa memenangkan pertarungan pada musyawarah tanggal 11 September 2023 nanti. Karena dengan begitu saya bisa ikut memajukan olahraga sepakbola Mimika,” papar Rafael.

Namun ia mengkritisi kewajiban rekomendasi 3 klub untuk 11 calon yang ikut mendaftar.

“Panitia perlu melihat kembali tentang penjaringan Calon Ketua Persemi karena sangat tidak seimbang apabila 11 calon dibandingkan 22 klub dengan syarat 3 rekomendasi,” pungkasnya.

Satu hal lagi, lanjut Rafael, Mimika adalah identitas Suku Kamoro – Mimika Wee. Maka jika mengacu pada otonomi khusus sudah sepantasnya calon Ketua Persemi dari Suku Kamoro-Mimika Wee, tanpa harus mempertimbangankan syarat.

“Sudah saatnya Suku Kamoro-Mimika Wee bangkit dan berdiri di atas tanahnya sendiri dengan tetlibat dalam kepemimpinan baik itu di organisasi besar seperti pemerintahan, perusahaan dan organisasi lainnya yang salah satunya Persemi. Sekali lagi Mimika adalah identitas dari Suku Kamoro-Wee Mimika Wee,” tekannya.

Menurut Rafael, soal pengalaman dan pengetahuan, generasi Kamoro juga sudah mempunyai banyak Sumber Daya Manusia yang mapan dalam bersaing di dunia modern seperti ada lulusan S1, S2 bahkan doktor.

“Untuk rekomendasi dari 3 klub sudah saya kantongi dan siap di bursa Ketua Persemi. Saya satu satunya calon dari Suku Kamoro selain saya tidak ada lagi semuanya dari suku Amungme dan Damal,” paparnya.(put)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *