BERITA UTAMAMIMIKA

Selain TPS Reguler KPU Mimika Siapkan TPS Khusus di Pemilu 2024

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
28
×

Selain TPS Reguler KPU Mimika Siapkan TPS Khusus di Pemilu 2024

Share this article
IMG 20230219 WA0057
Ilustrasi

Ads

Timika, fajarpapua.com – Selain Tempat Pemungutan Suara (TPS) reguler Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika juga menyiapkan TPS khusus guna mempermudah pemilih tertentu menggunakan hak suaranya pada Pemilu serentak 2024.

Komisioner KPU Mimika Divisi Perencanaan Data dan Informasi Luther Beanal SE saat ditemui diruang kerjanya, Sabtu (18/2) mengatakan, TPS khusus disediakan untuk pemilih tertentu yang ada di Lapas, Rumah Sakit dan instansi atau perusahan lainya yang diatur oleh PKPU 7 tahun 2022.

“Di Mimika sendiri ada potensi untuk didirikannya TPS khusus. TPS khusus ini adalah pada hari pencoblosan mereka yang beraktifitas disitu dan tidak bisa keluar itu dibuatkan TPS khusus,”katanya.

“Surat suaranya disesuaikan dengan Dapilnya saja, contoh Papua Tengah bisa dapat Provinsi, Presiden, DPDRI dan lainnya,”imbuhnya.

Menurutnya mekanisme TPS khusus itu adalah pihak instansi atau perusahaan tersebut jika bersedia maka menyurat ke KPU Mimika dan diteruskan ke KPU RI.

“Sebelumnya kami sosialisasi dulu terus jika bersedia mereka menyurat membuat permohonan dengan potensi karyawannya berapa ke kami, setelah itu kami kirim ke KPURI kemudian jika memenuhi syarat disetujui oleh KPU RI kemudian kami sampaikan perusahaan ini atau instansi ini terdaftar sebagai TPS khusus,”jelasnya.

Hingga saat ini yang sudah menyurati adalah Lapas Mimika. Sedangkan instansi lainnya masih sebatas dilakukan sosialisasi.

“Lapas sudah bersedia dan menyurat, sedangkan Freeport kami sudah sosialisasi. Nanti klo sudah menyurat dan disetujui KPU RI, pada Maret baru pengajuan nama yang akan melakukan pencoblosan di perusahaan atau instansi tersebut,”ungkapnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *