BERITA UTAMANASIONAL

Sejumlah Wilayah Masuk Kategori Siaga Dampak Hujan Lebat 4-5 Maret

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

Sejumlah Wilayah Masuk Kategori Siaga Dampak Hujan Lebat 4-5 Maret

Share this article
Ilustrasi suasana hujan
Ilustrasi suasana hujan

Jakarta, fajarpapua.com – Sejumlah wilayah Indonesia berada dalam kategori siaga dampak dari potensi hujan lebat pada 4-5 Maret 2023, menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jumat.

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, Jumat, menyebutkan pada 4 Maret 2023 wilayah yang berada dalam kategori siaga itu yakni Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Banten, dan Papua. Pada hari selanjutnya, wilayah yang berada dalam kategori siaga yakni Riau, Kepri, Papua Barat, dan Papua.

ads

Kepala Pusat Layanan Informasi Iklim Terapan BMKG Ardhasena Sopaheluwakan menyampaikan BMKG memprediksi bahwa sifat curah hujan bulanan akan didominasi oleh kategori normal.

Ia mengemukakan untuk sifat curah hujan bulanan kategori di atas normal berpeluang terjadi di Sumatera bagian utara, Kalimantan bagian timur dan utara pada Februari dan Maret 2023.

Selain itu, kata dia, juga perlu dicermati bahwa pada bulan Maret-April-Mei 2023 beberapa wilayah di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, akan mengalami periode transisi atau peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau.

“Karenanya perlu diwaspadai fenomena cuaca ekstrem yang sering muncul, seperti hujan lebat, angin puting beliung, dan angin kencang yang meskipun periodenya singkat namun sering memicu terjadinya bencana hidrometeorologi,” katanya.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *