BERITA UTAMAPAPUA

Perkuat Sinergi Dengan TPID Kabupaten Asmat, Bank Indonesia Sebut Perlunya Pendekatan 4K Dalam Pengendalian Inflasi

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Perkuat Sinergi Dengan TPID Kabupaten Asmat, Bank Indonesia Sebut Perlunya Pendekatan 4K Dalam Pengendalian Inflasi

Share this article
IMG 20230309 WA0005
Kepala Perwakilan Bank Indonesia di Papua saat menyerahkan cinderamata kepada Bupati Asmat usai kegiatan.Foto: Istimewa

Jayapura, fajarpapua.com- Untuk menghasilkan inovasi dan sinergi kebijakan dalam pengendalian inflasi yang multidimensi dibutuhkan sinergi antara Pemerintah dan Bank Indonesia.

Terkait itu Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Asmat, pada Selasa (7/3) lalu menggelar pertemuan tingkat tinggi dengan Bank Indonesia yang berlangsung di Agats.

ads

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Juli Budi Winantya menyampaikan bahwa perlunya pendekatan 4K dalam pengendalian inflasi, yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif.

Ditekankan bahwa bentuk komunikasi efektif termasuk perlunya publikasi kepada masyarakat mengenai kegiatan pemerintah daerah dalam pengendalian inflasi untuk menjaga ekspektasi masyarakat.

Selain itu, disampaikan penguatan sinergi TPID dan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) diharapkan menjadi langkah konkret bersama untuk mengendalikan tekanan inflasi pangan, mendorong produksi, serta mendukung ketahanan pangan yang akan mendorong terjaganya daya beli, serta pemulihan ekonomi yang berkelanjutan.

Sementara Bupati Asmat, Elisa Kambu mengapresiasi perhatian Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua terhadap Pemerintah Kabupaten Asmat dalam upaya pengendalian inflasi.

Selain itu, Bupati Asmat menyampaikan komitmen untuk mengendalikan inflasi dan mitigasi dampak inflasi dengan melibatkan pemerintah pada jajaran di tingkat bawah seperti distrik dan kampung utamanya untuk menjaga ketersediaan pasokan.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *