BERITA UTAMAPAPUA

Buru Pelaku Penembakan Tukang Ojek di Ilaga, Personil TNI-Polri Tembak Mati 3 Anggota KKB Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Buru Pelaku Penembakan Tukang Ojek di Ilaga, Personil TNI-Polri Tembak Mati 3 Anggota KKB Papua

Share this article
IMG 20230322 WA0082
Petugas medis RSUD Puncak saat berusaha menyelamatkan nyawa, Irwan tukang ojek yang ditembak KKB Papua di Ilaga.Foto: Istimewa

Jayapura, fajarpapua.com– Tim gabungan TNI-Polri yang melakukan pengejaran pelaku penembakan seorang tukang ojek bernam Irwan, di pertigaan Jalan Kimak, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Rabu (22/3) sekitar pukul 09.20 WIT berhasil menembak mati 3 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)

Terkait informasi ini, Darem 173/PVY, Brigjen Sri Widodo dalam keterangan seperti dikutip dari serambinews.com menjelaskan pasca penembakan tukang ojek, tim gabungan melakukan pengamatan menggunakan drone.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Pada saat pengamatan, diketahui adanya pergerakan anggota KKB yang terlihat membawa dua pucuk senjata api laras panjang. 

“Pasca penembakan, saat itu juga Tim Gabungan TNI-Polri mengejar hingga ke arah jembatan PT Unggul,” ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu. 

Setelah dipastikan keberadaan anggota KKB yang diduga sebagai pelaku penembakan, tim gabungan kemudian melakukan pengejaran.

Saat mendekati lokasi anggota KKB, personel gabungan TNI-Polri kemudian melepaskan tembakan terukur yang menewaskan tiga anggota kelompok itu.

“Kita berhasil melumpuhkan tiga orang anggota KKB yang terlihat melalui drone membawa senjata api laras panjang,” kata dia. 

Dari tiga korban tewas, dua jenazah anggota KKB dibawa lari oleh rekan-rekannya kearah hutan.

Sedangkan satu jenazah anggota KKB yang kemudian diidentifikasi bernama Enius Tabuni (22) berhasil dievakuasi personel gabungan TNI-Polri ke Mapolres Puncak.

“Namun, jenazah yang berhasil kita amankan hanya satu orang, namanya Enius Tabuni. Sedangkan dua jenazah anggota KKB Papua lainnya berhasil dibawa oleh rekannya,” kata dia. 

Jenazah Enius Tabuni kemudian diserahkan kepada pihak keluarganya dan dilakukan tradisi pembakaran. 

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pengojek, Irwan, tewas ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di pertigaan Jalan Kimak, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Rabu (22/3) sekitar pukul 09.20 WIT. 

Penembakan diduga kuat dilakukan oleh KKB yang berpura-pura menjadi penumpang dari korban dan menembak ketika tiba ditujuan. 

Jenazah Diterbangkan ke Sopeng

Kabid Humas Polda Papua Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo mengungkapkan, jenazah Irwan rencananya pada Kamis (23/3) hari ini dipulangkan ke kampung halamannya.

“Jenazah akan diberangkatkan ke Kampung halamannya di Jennae Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan untuk dimakamkan,” ungkapnya.

Terkait penyerangan ini, Kombes Benny mengatakan saat ini Polres Puncak menggencarkan patroli di sekitar Kota Ilaga, dan masih mendalami kasus penembakan tersebut.(red/ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *