BERITA UTAMAPAPUA

Ciptakan SDM yang Kompeten dan Berdaya Saing, Pemda Mappi Teken MoU Dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3
×

Ciptakan SDM yang Kompeten dan Berdaya Saing, Pemda Mappi Teken MoU Dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI

Share this article
IMG 20230520 WA0051
penandatangan naskah perjanjian hibah daerah dalam rangka serah terima lahan dan nota kesepakatan antara Dirjen Binalavotas dengan pemerintah daerah dan mitra industri yang dihadiri langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker)

Jakarta, fajarpapua.com – Pemerintahan Kabupaten Mappi bersama Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menandatangani nota kesepakatan dengan Dirjen Binalavotas dan mitra industri.

Kegiatan penandatangan MoU tersebut dirangkaikan dalam acara penandatangan naskah perjanjian hibah daerah dalam rangka serah terima lahan dan nota kesepakatan antara Dirjen Binalavotas dengan pemerintah daerah dan mitra industri yang dihadiri langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauzyah, Rabu (17/5).

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Menaker Ida dalam sambutannya mengatakan Melalui kesepakatan ini nantinya akan diselenggarakan peningkatan kompetensi dan daya saing bagi masyarakat Kabupaten Mappi di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sorong dan Kabupaten Enrekang di BPVP Kepulauan Pangkajene.

Menaker Ida menegaskan, melalui penandatangan nota kesepakatan ini agar dapat menciptakan SDM yang kompeten dan berdaya saing di daerah. 

“Sebagaimana kita telah merasakan bersama, kehadiran BPVP adalah sebagai perwakilan Pemerintah Pusat dalam melaksanakan fungsi pembinaan pelayanan pelatihan berkualitas yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan daerah serta melakukan fungsi pembinaan dan koordinasi kepada seluruh BLK UPTD Kabupaten/Kota dan pemangku kepentingan pelatihan lainnya di tingkat Provinsi,” ungkapnya.

Menaker Ida yang turut menyaksikan nota kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Mappi dan Pemerintah Kabupaten Enrekang tentang Program Sinergi Bidang Pelatihan Vokasi di kedua Kabupaten tersebut. Mengapresiasi langkah Pemerintah daerah kedua kabupaten tersebut.

“Setelah menyelesaikan pelatihan akan diberikan pendampingan peningkatan literasi maupun bantuan peralatan dan permodalan, agar para lulusan pelatihan dapat segera mendirikan usaha mandiri dan diharapkan turut menciptakan lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Melalui program ini akan dilatih sebanyak 860 orang yang akan dibagi menjadi masing-masing sebanyak 380 orang di Kabupaten Mappi, dan 480 orang di Kabupaten Enrekang,” jelas Menaker Ida.

Dalam kesempatan tersebut Menaker, Ida Fauziyah, juga mengapresiasi atas pemberian lahan untuk kepentingan peningkatan SDM dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kabupaten Tanah Bumbu, dan Kabupaten Morowali Utara. Acara tersebut turut juga dilakukannya melakukan nota kesepahaman bersama dengan mitra industri yang memiliki kepedulian atas peningkatan SDM.

Sementara itu Pj Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.,STP, M,Si menyebutkan, penandatangan nota kesempatan antara Dirjen Binalavotas Kementerian Ketenagaankerjaan RI bersama Pemerintah Kabupaten Mappi tentang program sinergi bidang pelatihan Vokasi untuk mendorong SDM anak -anak asli Mappi agar terciptanya SDM yang kompeten dan berdaya saing tinggi.

Kata Pj Bupati Mappi, bahkan saat ini sebanyak 42 orang anak -anak Mappi sudah siap untuk mengikuti pelatihan.
Pelaksanaan pelatihan dibagi yakni diantaranya, 10 orang akan dikirim ke Sorong untuk mengikuti pelatihan di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas
(BPVP) sorong dengan sepuluh paket pelatihan. Sementara sisanya sebanyak 32 orang akan mengikuti pelatihan di Mappi dengan pembagian 16 orang mengikuti pelatihan Mebel dan 16 orang mengikuti pelatihan menjahit.

Pj Bupati menerangkan, penandantangan MoU ini guna memberikan kesempatan kepada anak -anak Mappi untuk melakukan vokasi, pelatihan Mebel serta memberikan pelatihan menjahit kepada masyarakat Mappi. Diharapkan melalui program ini mereka bisa mendapatkan keterampailan dan Pemerintah daerah terus mempersiapkan SDM melalui pelatihan agar mereka bisa membuka lapangan kerja. Pelatihan kepada SDM Mappi akan dilakukan secara bertahap dalam waktu dekat Pemda akan ada 43 orang yang akan mengikuti pelatihan.

“Untuk kita di Kabupaten Mappi setelah penandatangan kesepakatan ini 42 peserta yang sudah kita siapkan akan mulai melakukan pelatihan,”terangnya.

Pj Bupati Mappi hadiri dalam kegiatan tersebut didampingi, Anna Maria Theresia, Plt. Kepala dinas perindustrian dan tenaga kerja kabupaten Mappi, Stefanus Mangin, ST, Kepala Bidang Perindustrian, Yakobus Kondomo, Kepala Bidang Kerenagakerjaan. (MPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *