BERITA UTAMAPAPUA

Biak Numfor Capai 100 Persen Stop BAB Sembarangan, Jadi Kabupaten Pertama di Tanah Papua yang Penuhi Pilar 1 STBM

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Biak Numfor Capai 100 Persen Stop BAB Sembarangan, Jadi Kabupaten Pertama di Tanah Papua yang Penuhi Pilar 1 STBM

Share this article
IMG 20230615 WA0014
Wabup Biak Numfor, Calvin Mansnembra saat menghadiri pemaparan Stop BAB Sembarangan.Foto: Istimewa

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Biak, fajarpapua.com– Kabupaten Biak Numfor saat ini menjadi satu satunya kabupaten/kota di wilayah Tanah Papua yang mencapai 100 persen Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau Pilar 1 Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Bahkan, dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi Papua bersama Unicef Papua serta stake holder lainnya berencana akan menggelar deklarasi di Biak terkait dengan capaian BABS di Kabupaten Biak Numfor.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor Daud N. Duwiri, mengatakan, hasil verifikasi lapangan tim dari Provinsi Papua dinyatakan Kabupaten Biak Numfor adalah 1 dari 200an kabupaten/kota di Indonesia yang sudah boleh dikatakan Stop BABS.

“Biak Numfor menjadi satu dari 200-an kabupaten maupun kota yang sudah dinyatakan Stop BABS 100 persen. Sementara kabupaten maupun kota di Indonesia keseluruhannya ada 514, artinya, masih ada kurang lebih 300 an belum masuk memenuhi kategori BABS,” kata Daud.

Terkait dengan capaian BABS dimaksud, lanjut Daud Duwiri, direncanakan akan dilakukan pertemuan seluruh kepala daerah di wilayah Tanah Papua di Biak.

Dalam kesempatan itu juga sekaligus akan dilakukan pencanangan Biak sebagai kabupaten pertama yang dinyatakan berhasil memenuhi STBM atau stop BABS.

“Semua pencapaian dari sisi kuantitatif dan kualitatif terhadap penanganan Stop BABS ke depan di Biak dan seluruh Tanah Papua. Satu langkah didepan kabupaten lainnya. Ini menunjukan prestasi yang harus ditularkan kèpada Kabupaten di Provinsi Papua sebagai modalitas,” ujarnya.

Terkait denga capaian dimaksud, dilakukan pemaparan dan penandatanganan hasil verifikasi STOP BABS (Pilar 1) Kabupaten Biak Numfor, di Hotel Swisbell Biak, Selasa (13/6) lalu.

Pemaparan itu dilakukan langsung oleh Tim Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Bappeda Provinsi Papua dan Unicef Papua.

Daud N Duwiri mengatakan tim verifikasi Pilar 1 STBM telah melakukan verifikasi dan mendapatkan hasil capaiannya 100 persen sesuai dengan data yang disampaikan Dinas Kesehatan Biak Numfor.

“Ini apresiasi yang luar biasa dalam kepemimpinan Bapak Bupati dan Wakil Bupati Biak Numfor, capaian yang luar biasa dan satu – satunya di Provinsi Papua,” tandasnya.

Untuk itu, lanjutnya, maka diharapkan setelah deklarasi nantinya Kabupaten Biak Numfor bisa maju ke pilar 2 sampai dengan 5 Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

“Hal ini kita lakukan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam mencegah penyakit yang berbasis lingkungan dan ini juga program pemerintah untuk mencegah terjadinya stunting,” pungkasnya.

Wakil Bupati Biak Numfor Calvin Mansnembra menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak baik Dinas Kesehatan, Unicef, Bappeda dan juga tim berifikasi STOP BABS yang turut berkontribusi sehingga Kabupaten Biak Numfor bisa mencapai hasil 100 persen.

Wakil Bupati juga menyampaikan capaian saat ini tidak dilakukan sendiri, namun menjadi bagian dari dukungan semua pihak terkait.

Untuk itu, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, termasuk tim lokal juga yang bekerja keras bersama instansi lainnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *