BERITA UTAMAPAPUA

PLN Masuk Daerah Konflik dan Terpencil di Papua, Pangdam XVII/Cenderawasih: Kami Siap Amankan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

PLN Masuk Daerah Konflik dan Terpencil di Papua, Pangdam XVII/Cenderawasih: Kami Siap Amankan

Share this article
IMG 20230615 WA0114
Pangdam XVII/Cenderawasih saat menerima pimpinan PLN

Jayapura, fajarpapua.com – Guna meningkatkan ketersediaan dan keandalan kelistrikan di Tanah Papua, PT PLN (Persero) menjalin sinergi dengan Kodam XVII/Cenderawasih.

Kolaborasi awal yang ditandai dengan adanya kunjungan silaturahmi PLN ini diterima dengan baik oleh Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan di kantornya Kamis (15/6).

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan menyambut baik inisiatif dan kerja sama PT PLN (Persero) dalam memajukan sektor kelistrikan di Papua. Ia menyampaikan pentingnya adanya pasokan listrik yang stabil dan terjangkau sebagai faktor penunjang pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat.

“Kami siap bantu PLN pak, dalam hal pengamanan kelistrikan khususnya daerah-daerah yang belum teraliri listrik, terpencil dan terluar. Secara umum kondisi Papua sudah relatif aman. Kami harap keandalan kelistrikan juga bisa ditingkatkan di seluruh daerah sehingga kebutuhan listrik masyarakat tercukupi,” ujar Izak.

Disisi lain, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono menjelaskan PLN terus berkomitmen untuk menghadirkan listrik ke seluruh daerah di Papua termasuk pada daerah konflik. Dengan potensi alam yang ada, wilayah di Papua ini berpeluang untuk menggunakan berbagai pembangkit hijau.

“Dengan kondisi medan yang cukup banyak terisolasi dan sulit dijangkau, kami mendorong penggunaan pembangkit dengan memanfaatkan sumber energi terbarukan, salah satunya yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) hingga Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMh) jika ketersediaan air melimpah. Kami harap dukungan keamanan yang diberikan dapat mempercepat proses dalam melistriki seluruh Papua,” ungkap Budiono.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak juga membahas program-program sosial yang akan dilakukan secara bersama-sama guna memberikan manfaat langsung kepada masyarakat di wilayah Papua dan Papua Barat. Upaya ini sebagai bentuk untuk meningkatkan kualitas hidup dan memberikan kesempatan yang lebih baik bagi penduduk setempat.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *