BERITA UTAMAMIMIKA

Tingkatkan Respon Tanggap Bencana, BPBD Mimika Beri Pembekalan Personil

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

Tingkatkan Respon Tanggap Bencana, BPBD Mimika Beri Pembekalan Personil

Share this article
IMG 20230803 WA0043
Praktek penyelamatan korban dalam kegiatan peningkatan kapasitas penanggulangan bencana yang digelar BPBD Mimika di hotel Horison Ultima Timika, Kamis (3/8).

ads

Timika, fajarpapua.com – Meningkatkan respon tanggap bencana baik kebakaran maupun non kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika memberi pembekalan pencegahan, penanggulangan dan penyelamatan kepada para personil.

Kegiatan yang diikuti seluruh personil BPBD Mimika tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Paulus Dumais di hotel Horison Ultima Timika, Kamis (3/8).

Paulus dalam sambutannya mengatakan kebakaran merupakan hal yang sangat tidak diinginkan, tidak mengenal waktu, tempat atau siapapun korbannya.

Kebakaran adalah rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat akibat kelalaian manusia maupun faktor lain.

Kebakaran bisa berakibat munculnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda serta dampak psikologis.

“Maka dibutuhkan upaya pencegahan dan penanggulangan masalah kebakaran. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kewaspadaan pencegahan terhadap kebakaran. Kasus kebakaran dapat dicegah dengan upaya penanggulangan,” ujarnya.

Mengingat setiap orang berpotensi memiliki bahaya kebakaran sehingga dalam manajemen resiko kebakaran adalah urusan semua orang.

Oleh karena itu, pengetahuan untuk meningkatkan pemahaman pemadaman dan pencegahan kebakaran adalah pesan utama dalam proses penyadaran diri, self-efficiency. Proses penyadaran ini berguna agar setiap orang dapat memahami resiko dan mampu mengelola ancaman, sekaligus membangun ketahanan masyarakat terhadap upaya menanggulangi bencana kebakaran.

“Partisipasi serta sinergi dari masyarakat tentunya sangat penting dalam penanggulangan kebakaran, meliputi pengurangan resiko kebakaran di setiap tahapan managemen kebakaran, baik pada pra kebakaran, waktu kejadian kebakaran, pasca kebakaran yang senantiasa mengedepankan tindakan preventif, tidak akan mampu dilakukan secara parsial oleh petugas kebakaran, akan tetapi butuh sinergisitas,” ungkapnya.

Kolaborasi serta akselerasi dari semua pihak, baik itu Polri, TNI serta seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terkait pentingnya melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran agar masyarakat turut berpartisipasi mencegah dan melakukan penanggulangan dini saat terjadi peristiwa kebakaran,” jelasnya.

Selanjutnya Kepala BPBD Mimika Yosias Lossu saat ditemui usai pembukaan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan penyegaran kepada para personil agar lebih siap dan tanggap jika terjadi bencana.

Menurut Yosias, selain materi para personil juga melakukan praktek langsung yang diinstruksikan oleh narasumber dari kantor SAR Timika.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *