BERITA UTAMAPAPUA

Panen Telur di Peternak Lokal Papua, Pemda Biak Numfor Komitmen Genjot Peternak OAP

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

Panen Telur di Peternak Lokal Papua, Pemda Biak Numfor Komitmen Genjot Peternak OAP

Share this article
IMG 20230814 WA0004
Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Biak Numfor, didampingi Tery Sroyer saat memanen telur di Darfuar, Distrik Biak Samofa.Foto: Istimewa

Biak, fajarpapua.com– Pemerintah Kabupaten Biak Numfor terus berupaya menggejot usaha ayam petelur di kalangan masyarakat, secara khusus peternak Orang Asli Papua (OAP).

Hal itu diungkapkan Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Biak Numfor, Imanuel Naap, SP saat menghadiri panen telur di peternakan ayam petelur milik Tery Sroyer, di Darfuar, Distrik Biak Samofa.

Ads

Acara panen telur itu sendiri menjadi salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78 dan Festival Harmoni Biak.

Sebanyak 1.520 butir telur atau 50 rak telur berhasil dikumpulkan dalam kegiatan panen tersebut.

Imanuel Naap mengatakan, pemerintah daerah terus mendorong usaha-usaha berbasis ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan setiap potensi.

Selaian di bidang pertanian, salah satunya juga yang terus dilakukan adalah dengan mendorong usaha pertenakan ayam petelur di kalangan Masyarakat asli Biak (asli Papua).

“Sudah ada sejumlah anak asli Biak yang telah berhasil mengembangkan usaha ayam petelur ini, dan pemerintah daerah terus akan mendorong setiap potensi yang ada untuk dikembangkan,” ujarnya.

Sekedar diketahui, panen telur ayam di usaha peternakan Terry Sroyer ini telah berlangsung selama 7 hingga 8 bulan, dan saat ini populasi ayam mencapai 296 ekor. Dari jumlah sebanyak itu hasil produksi telur per hari rata-rata mencapai 249 butir telur. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *