BERITA UTAMAMIMIKA

Pemda Mimika Diminta Abadikan Nama Pendeta Abdiel Tinal Sebagai Nama Jalan dan Dibangunkan Patung

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
84
×

Pemda Mimika Diminta Abadikan Nama Pendeta Abdiel Tinal Sebagai Nama Jalan dan Dibangunkan Patung

Share this article
IMG 20231007 WA0040
Penyerahan aspirasi kepada Pj Sekda Mimika Robert Mayaut dikediaman almarhum di Kampung Landu Mekar, Distrik Kwamki Narama, Sabtu (7/8).

Timika, fajarpapua.com – Keluarga almarhum Pendeta Abdiel Tinal meminta Pemda Mimika mengabadikan nama orang tua mereka sebagai nama jalan di Check Point 28 hingga Mile 32.

Serta membangun patung tokoh agama tersebut sebagai bentuk penghormatan serta jasa-jasa mantan anggota DPRD Kabupaten Mimika itu.

ads

Penyampaian aspirasi tersebut dilakukan oleh keluarga almarhum dalam acara penyampaian aspirasi pemberian nama jalan dan tugu Pdt Abdiel Tinal dikediaman almarhum di Kampung Landu Mekar Distrik Kwamki Narama, Sabtu (7/8).

Hadir dalam penyampaian aspirasi itu Pj Sekda Mimika Robert Mayaut, Wakil Ketua I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme bersama beberapa anggota DPRD, Wakil Ketua I DPRP Papua Yansen Tinal selaku penanggungjawab kegiatan, Anggota DPR RI Trifena Tinal, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama serta tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Kegiatan Farden Atus Murib mengatakan melalui Pj Sekda Mimika, pemerintah daerah mendukung aspirasi yang disampaikan keluarga dan masyarakat.

“Karena Almarhum merupakan salah satu tokoh di Kabupaten Mimika dan memiliki peran dalam pembangunan di daerah ini,” ujarnya.

Dukungan juga disampaikan oleh sejumlah anggota dewan seperti terungkap dalam sambutan Wakil Ketua I DPRD Mimika, Aleks Tsenawatme dan akan menyampaikan hal itu saat pembahasan APBD 2024.

“Intinya Pemda dan DPRD Mimika mendukung penuh nama almarhum diabadikan sebagai nama jalan dan dibuatkan patung,”katanya.

Ia mengungkapkan almarhum Pendeta Abdiel Tinal merupakan salah satu tokoh yang masuk sebelum terbentuknya Kabupaten Mimika.

Selain itu yang bersangkutan juga memberikan banyak sumbangsih kepada Kabupaten Mimika

“Kami masyarakat dan keluarga menyatakan sikap supaya nama beliau diabadikan sebagai nama jalan dan patung kepada Pemda Mimika,” ungkapnya.

“Almarhum ini bisa disebut tokoh perintis yang dulu membuka Kabupaten Mimika yang saat ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat,”imbuhnya.

Untuk diketahui Pendeta Abdiel Tinal adalah seorang tokoh Penginjilan, perintis dan Tokoh Pembangunan bagi masyarakat tuju suku (7) di Kabupaten Mimika.

Orang tua dari almarhum Wagub Papua Klemen Tinal tersebut sosok yang memberikan kontribusi dan sumbangsih pembangunan, baik pembangunan pada aspek penginjilan maupun pembangunan sumber daya manusia (SDM) serta pembangunan fisik lainnya yang patut diapresiasi oleh seluruh masyarakat yang mendiami tanah Amungsa di bumi Kamoro tercinta.

Sejak Almarhum Pendeta Abdiel Tinal lahir pada tahun 1960 dan tamat Sekolah Teologi Pertama (STP) di Kebo, Paniai Tahun 1969, beliau memiliki sebuah misi penginjilan untuk menyebarkan injil ke seluruh pelosok pegunungan sesuai dengan mandat dari Bapak Donn Gibbons sebagai missionaris CMA bagi suku Damal. Karena berpegang teguh pada perintah dan mandat dari Misionaris CMA,

Almarhum Pendeta Abdiel tinal setelah menjadi Penerjemah Alkitab di Kunga Ilaga bersama bapak Jhon Elembeger selaku misionaris ilaga. Dan beliau juga tetap antusias menyebarkan injil di daerah Amungsa (Tembagapura) serta mengabdi pada Departement development relation pada PT. Freeport Indonesia demi pengembangan masyarakat.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *