BERITA UTAMAMIMIKA

Kesbangpol Gelar Sosialisasi Tingkatkan Partisipasi Perempuan Dalam Politik

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
19
×

Kesbangpol Gelar Sosialisasi Tingkatkan Partisipasi Perempuan Dalam Politik

Share this article
187a4c9b 0bd6 4055 9607 1b8b823e0691
Suasana Sosialisasi di Hotel Grand Tembaga, Rabu (11/10).

Timika, fajarpapua.com – Pemda Mimika melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi untuk meningkatkan kapasitas perempuan di bidang politik dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2024, yang dilaksanakan di Hotel Grand Tembaga, Rabu (11/10).

Sosialisasi tersebut dikemas dalam kegiatan perumusan kebijakan teknis dan pemantapan pelaksanaan bidang pendidikan politik, etika budaya politik, penegakan demokrasi, fasilitasi kelembagaan pemerintahan, perwakilan dan partai politik, pemilihan umum atau pemilihan umum kepala daerah serta pemantauan situasi politik.

ads

Sosialisasi ini bertemakan “Peningkatan Kapasitas Perempuan di Bidang Politik Dalam Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024” yang dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Mimika, Paulus Dumais.

Paulus Dumais saat membacakan sambutan Bupati Mimika mengatakan, Pendidikan politik adalah kewajiban partai politik untuk membangun kemajuan politik dan meningkatkan kesadaran politik masyarakat.

“Partai politik mempunyai tujuan khusus yaitu tujuan meraih kekuasaan secara konstitusional melalui pemilu yang ada namun tujuan khusus tersebut harus menjadi tujuan umum yaitu mensejahterakan masyarakat” ujarnya.

Menurutnya partai harus memberikan bantuan dan pendidikan politik sehingga masyarakat merasakan manfaatnya dan agar masyarakat merasakan keberadaan partai politik.

“Saya yakin dengan adanya sinergi antara partai politik, Pemda, organisasi masyarakat dan tentu saja komisi pemilihan umum dan badan pengawas pemilu sebagai penyelenggara pemilu dapat menjadikan kesadaran politik masyarakat di Kabupaten Mimika terkhusus perempuan agar semakin baik dari waktu ke waktu,” ungkapnya.

“Saya berharap sosialisasi yang dilaksanakan ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman tentang pendidikan politik bagi kaum perempuan dalam menghadapi pesta demokrasi tahun 2024,” tambahnya.

Ketua Panitia, Lukas Luli Lasan dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut digelar untuk pengembangan etika serta budaya politik dalam masyarakat.

Peserta lanjutnya memperoleh pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban dan tanggungjawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara supaya dalam pengambilan keputusan politik yang lebih demokratif dan substantial terhadap keterwakilan perempuan.

“Tujuan kegiatan ini adalah partai politik memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dalam membangun perkembangan politik serta meningkatkan kesadaran politik masyarakat,”ujarnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *