BERITA UTAMAMIMIKA

Mendagri Keluarkan Surat Usulan Nama Calon Penjabat Bupati, Ini Sosok yang Diisukan Duduki Pj. Bupati Mimika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
2312
×

Mendagri Keluarkan Surat Usulan Nama Calon Penjabat Bupati, Ini Sosok yang Diisukan Duduki Pj. Bupati Mimika

Share this article
IMG 20231122 WA0097
Surat Mendagri perihal usulan Calon Penjabat Bupati dan Walikota.

ads

Timika, fajarpapua.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dengan nomor 100.2.1.3/606/SJ perihal usulan nama calon Penjabat Bupati dan Walikota yang ditujukan kepada para Gubernur atau Pj Gubernur.

Surat tersebut menyatakan, Berdasarkan amanat Pasal 201 ayat (9) dan ayat (11) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 telah menegaskan bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati/Wali kota yang berakhir masa jabatannya pada tahun 2023, diangkat Penjabat Bupati/Walikota yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi pratama.

Terkait hal tersebut diatas, dengan hormat disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Bupati dan Wakil Bupati serta Wali kota dan Wakil Wali kota sebagaimana daftar terlampir akan berakhir masa jabatannya pada bulan Desember Tahun 2023, sehingga perlu mengisi kekosongan jabatan Bupati/Wali kotasesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  2. Berdasarkan ketentuan Pasal 201 ayat (5) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, menegaskan bahwa “Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali kota dan Wakil Wali kota hasil Pemilihan tahun2018 menjabat sampai dengan tahun 2023”.

Sehubungan dengan hal tersebut maka Bupati dan Wakil Bupati serta Wali kota dan Wakil Wali kota hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2018 yang dilantik pada tahun 2019 dan tahun 2020 sesuai amanat regulasi sebagaimana dimaksud, masa jabatannya berakhir pada tanggal 31 Desember 2023.

  1. Selanjutnya, Saudara Gubernur/Pj. Gubernur dapat mengusulkan 3 (tiga) nama calon Penjabat BupatiWali kota untuk menjadi bahan pertimbangan Menteri Dalam Negeri dalam menetapkan Penjabat Bupati/Wali kota.
  2. Usulan nama calon Penjabat Bupati/Wali kota sehubungan dengan hal tersebut diatas, disampaikan paling lambat tanggal 6 Desember 2023 kepada Menteri Dalam Negeri.

Ini Sosok Calon PJ. Bupati Mimika

Seiring dengan keluarnya Surat Mendagri tersebut, sejumlah nama mulai mencuat yang akan menduduki jabatan PJ. Bupati Mimika mulai mencuat ke permukaan.

Sosok yang mulai dibicarakan tersebut dinilai layak untuk memimpin Kabupaten Mimika hingga memiliki Bupati baru hasil Pilkada 2024 mendatang.

Siapa saja mereka, berikut profinya;

  1. Valentinus Sudarjanto Sumito

Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah, di Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Valentinus Sudarjanto Sumito, S.IP, M.Si adalah seorang Birokrat Indonesia lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Valentinus Sudarjanto Sumito sempat ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Mimika oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 20 Juni 2023.

Sebelumnya Sumitro ditunjuk mengisi kekosongan jabatan Sekretaris Provinsi Papua Tengah, dan resmi dilantik menjadi Sekda Provinsi Papua Tengah pada 21 Juni 2023. 

  1. Ausilius You

Drs Ausilius You, S.Pd, MM adalah mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika yang saat ini ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Tengah.

Sosok yang juga dikenal sebagai Tokoh Pluralisme ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika.

Ausilius You, juga pernah dipercaya sebagai Pelaksana Harian dan Penjabat Bupati Mimika pada 4 Desember 2013–26 Februari 2014 dan 26 Februari 2014–6 September 2014.

  1. Frits James Boray 

Frits James Boray adalah birokrat yang saat ini menjabat sebagai Kepala dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Papua Tengah.

Sebelumnya Frits juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pertambangan dan ESDM Provinsi Papua.

Sosok ini mencuat kepermukaan sebagai calon Pj. Bupati Mimika setelah beredar Surat Nomor: 005.3/597/DPRD/28 Oktober 2023 terkait nama yang diusulkan untuk menduduki Penjabat orang nomor satu di Kabupaten Mimika.

Surat usulan yang hanya ditandatangani oleh Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng tersebut kemudian menimbulkan kontroversi baik di internal dewan maupun di masyarakat luas.

Itulah sosok yang mencuat untuk diusulkan sebagai Pj. Bupati Mimika menyusul bakal berakhirnya masa jabatan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob pada 31 Desember 2023 mendatang. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *