BERITA UTAMANASIONAL

Pembukaan Bulan K3 Nasional 2024 Freeport Indonesia,‘Keselamatan Kerja Dimulai dari Diri Saya’

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
62
×

Pembukaan Bulan K3 Nasional 2024 Freeport Indonesia,‘Keselamatan Kerja Dimulai dari Diri Saya’

Share this article
q
Pembukaan Bulan K3 Nasional di SAG Mill #3 Pabrik Pengolahan Konsentrat MP 74 PT Freeeport Indonesia, dihadiri Karyawan, Senior Manajemen dan Perwakilan Pemerintah.

Timika, fajarpapua.com – Segenap jajaran manajemen dan karyawan di area operasi tambang PT Freeport Indonesia (PTFI) memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) yang dipusatkan pada area SAG Mill #3 area Pabrik Pengolahan Konsentrat MP 74 Distrik Tembagapura.

Kepala Teknik Tambang (KTT) PTFI, Carl Tauran dalam sambutannya pada upacara peringatan BK3N mengatakan peringatan dan pelaksanaan kampanye BK3N di area kerja PTFI bertujuan untuk menyebarkan informasi praktik-praktik positif keselamatan dan kesehatan kerja kepada seluruh karyawan, serta mendorong perilaku aman di tempat kerja.

ads
az
Karyawan dari area LIP Lowland mengikuti pembukaan Bulan K3 Nasional PTFI 2024 secara daring.

“Diperlukan kerja sama seluruh karyawan agar kita bisa bekerja dengan sehat dan selamat, agar kita dapat terus berkontribusi untuk perusahaan, stakeholder, dan berdampak langsung kepada masyarakat dan negara,” kata Carl.

Ia juga mengajak seluruh karyawan menerapkan “Keselamatan dimulai dari diri saya” dalam melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari.

“Jika kita tidak menyadari keselamatan dimulai dari diri kita, maka kita tidak akan pernah mencapai keselamatan untuk kita semua,” ujarnya.

Adapun BK3N 2024 mengusung tema ‘Budayakan K3 Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha’.

Upacara pembukaan BK3N 2024 juga dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mimika dan Sekretaris Disnakertrans ESDM Provinsi Papua Tengah.

qa
Pemukulan Tifa simbolis oleh Kepala Teknik Tambang (KTT) PTFI Carl Tauran, Kadisnakertrans Kabupaten Mimika Paulus Yanengga, tanda dimulainya Kampanye Bulan K3 Nasional di area PTFI.

Kadisnakertrans Kabupaten Mimika Paulus Yanengga turut mengapresiasi sinergitas PTFI bersama Pemerintah selama ini.

“Provinsi Papua Tengah sebagai provinsi DOB baru pertama kali ini bersama-sama dalam pembukaan kegiatan Bulan K3 Nasional. Kehadiran pemerintah berkomitmen terus mendukung perkembangan investasi, kontribusi dan menjaga sinergitas kerja sama dengan para stakeholder di Papua termasuk PTFI,” tuturnya.

Paulus mengapresiasi Freeport Indonesia atas kontribusi yang mengantar Pemprov Papua Tengah menjadi salah satu Daerah Otonomi Baru (DOB) dengan PAD tertinggi ketiga nasional berkat sinergitas bersama PTFI.

Ketua Panitia BK3N PTFI 2024 Wisnu Hartomo menyampaikan fokus kampanye keselamatan di Bulan K3 Nasional PTFI tahun ini yang akan berlangsung selama dua bulan hingga 9 Maret 2024.

“Kami mengajak seluruh karyawan memberi perhatian khusus terhadap potensi bahaya keselamatan saat karyawan berinteraksi dengan peralatan bergerak di seluruh area PTFI guna menekan potensi bahaya keselamatan,” ujar Wisnu.

BK3N PTFI juga diisi dengan beberapa aktivitas yang bersifat strategis, promotif dan implementatif di area perusahaan. Seperti seminar, lokakarya, pameran, kampanye kesadaran K3, hingga berbagai kompetisi khas BK3N yang akan diikuti oleh seluruh karyawan PTFI. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *