KESEHATAN

Jangan Ngopi sambil Makan 3 macam Makanan ini

cropped cnthijau.png
4
×

Jangan Ngopi sambil Makan 3 macam Makanan ini

Share this article
Jangan ngopi sambil makan

Jangan ngopi sambil makan beberapa jenis makanan yang memang tidak dianjurkan bahkan dilarang untuk di konsumsi bersamaan dengan kopi.

Trend baru yaitu meminum kopi kini mulai banyak di nikmati berbagai lapisan usia dari anak – anak muda hingga orang tua. Tren ini muncul secara merata di berbagai kota di Indonesia, sehingga tidak mengherankan jika kedai kopi dari kelas Warung Kopi sederhana hingga kedai bergengsi yang menyajikan kopi sebagai menu utamanya mulai menjamur.

ads

Segelas kopi sering kali menjadi teman saat sedang nongkrong hingga saat sedang mengerjakan suatu tugas. Beberapa juga menyandingkan kopi dengan jenis makanan berat, dan itu sudah seperti suatu kebiasaan dan bukan suatu hal yang baru.

Tapi meskipun demikian untuk mengkonsumsi kopi secara sehat, kita harus mengetahui beberapa pantangan atau beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan bahkan dilarang di konsumsi sambil menikmati kopi.

Gorengan

Sambil santai dan menikmati beragam jenis makanan jenis jajanan ini memang terasa nikmat. Gorengan, menu sederhana yang bisa mengisi waktu sambil berbincang maupun melepas lelah.

Tapi siapa sangka Gorengan masuk kedalam daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama dengan kopi. Ternyata sebabnya adalah, karena gorengan sering kali di olah dan digoreng dengan menggunakan minyak yang sudah berkali – kali dipergunakan bahkan sampai menghitam.

Minyak yang menghitam ini bila bertemu dengan kafein yang ada dalam kopi akan memicu naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh dengan cepat.

Kacang – kacangan

Kandungan zat besi yang kita kenal ada dua macam yaitu Heme dan Nonheme. Untuk zat besi heme yang terdapat pada hewan akan mudah diserap oleh tubuh, sedangkan zat besi nonheme yang terdapat pada makanan nabati akan sulit diserat oleh tubuh.

Dengan digabungkan dengan kafein tubuh akan semakin sulit menyerap zat besi. Hal ini memicu tubuh untuk mengeluarkan Zat besi yang justru harusnya diserap oleh tubuh.

Ikan

Kandungan vitamin D serta beberapa mineral yang tersedia pada ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun apabila digabungkan dengan Kopi, Vitamin D dan mineral ini akan menjadi sulit di serap oleh tubuh dan akan terbuang.

Disarankan untuk banyak minum air putih dan hindari meminum kopi sambil mengkonsumsi makanan yang memang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi bersamaan dengan kopi.

Pergaulan maupun Time-Killer memang menjadi alasan untuk mengkonsumsi kopi, tapi tetap jaga kondisi kesehatan. Jangan ngopi sambil makan jenis makanan yang sudah disebutkan tadi. Bila terdapat tanda – tanda alergi setelah mengkonsumsi makanan yang di konsumsi bersamaan dengan meminum kopi.

Sangat di anjurkan untuk segera mengkonsultasikan dengan Dokter, terutama bila anda adalah orang yang sedang dalam pemantauan atau perawatan kesehatan yang dilakukan oleh dokter atau memiliki penyakit kronis tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *