KESEHATAN

Baik Buruknya Secangkir Kopi Di Pagi Hari

cropped cnthijau.png
8
×

Baik Buruknya Secangkir Kopi Di Pagi Hari

Share this article
Baik Buruknya Secangkir Kopi

Bogor, Fajarpapua.com – Bagi sebagian masyarakat Indonesia, menikmati secangkir kopi di pagi hari merupakan suatu kerutinan yang menjadi pembuka aktivitas keseharian. Ternyata kita juga harus mengetahui baik buruknya secangkir kopi di pagi hari bagi tubuh.

Baik Buruknya Secangkir Kopi Yang Harus Diketahui

Manfaat Dibalik Secangkir Kopi

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan oleh banyak peneliti, telah menunjukkan bahwa terdapat manfaat bagi kesehatan tubuh dibalik nikmatnya secangkir kopi hitam.

ads

Berikut ini adalah beberapa poin penting dari manfaat kopi hitam bagi kesehatan tubuh :

  • Mencegah Depresi, dalam penelitian telah terungkap bahwa di dalam kandungan kopi hitam terdapat unsur antidepresan yang dapat mencegah depresi bagi peminumnya.
  • Daya Ingat, ternyata kafein di dalam kopi hitam memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya ingat manusia.
  • Mencegah Penurunan Fungsi Otak, kemampuan kafein untuk memperlambat proses penurunan dari fungsi otak akibat penuaan akan mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer, demensia serta parkinson.
  • Menjaga Berat Badan, metabolisme di dalam tubuh akan semakin meningkat dengan adanya kafein di dalam tubuh yang akhirnya akan membuat proses pembakaran lemak lebih baik lagi.
  • Pencegahan Diabetes tipe 2, manfaat lain dari kopi hitam adalah dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini dimungkinkan karena kafein dapat menambah sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Masih banyak lagi manfaat dari kandungan kafein yang ada pada kopi antara lain mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Risiko terkena penyakit jantung ini akan berkurang dengan adanya kandungan asam klorogenat yang terkandung di dalam kafein.

Efek kurang baik yang timbul akibat dari kopi hitam

Mengetahui baik buruknya secangkir kopi bagi kesehatan memang hal yang harus kita ketahui dan pahami, berikut ini adalah beberapa hal kurang baik yang timbul akibat mengonsumsi kopi hitam :

  • Gelisah, mengonsumsi kopi hitam secara berlebihan akan menimbulkan rasa cemas dan kegelisahan yang cukup mengkhawatirkan. Hal tersebut terjadi karena kafein yang ada pada kopi dapat menghalangi hormon adenosine atau hormon yang berfungsi untuk memberikan rasa lelah.
  • Sulit Tidur, dengan adanya rasa gelisah yang timbul dan kurangnya hormon adenosine akan membuat sulit untuk tidur dan akhirnya akan berkurangnya kemampuan beraktivitas pada pagi dan siang hari.
  • Nyeri Perut, apabila dikonsumsi secara berlebihan kopi akan merangsang pelepasan asam lambung sehingga akan menimbulkan permasalahan pada lambung.
  • Jantung Berdebar, kandungan kafein dalam kopi apabila dikonsumsi secara berlebihan akan merangsang detak jantung lebih kencang.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang baik buruknya secangkir kopi di pagi hari yang bukan hanya sekedar memberikan sugesti dalam memulai aktivitas tapi ternyata terdapat kebaikan dan hal yang kurang baik di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *