BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Orang Tua Murid Mengeluh Biaya Internet Mahal, Ini Solusi yang Ditawarkan Kepada Pemda Mimika

pngtree vector tick icon png image 1025736
6
×

Orang Tua Murid Mengeluh Biaya Internet Mahal, Ini Solusi yang Ditawarkan Kepada Pemda Mimika

Share this article
Kasihan dengan kondisi orang tua, ExpoNet di Jalan Pendidikan menggratiskan biaya internet dan print bagi siswa.

“Menginstall dan menggunakan VPN saat terhubung dengan jaringan, pada saat melakukan streaming via zoom atau aplikasi meeting lain perlu vpn agar kuota yang digunakan tidak boros atau bisa dipangkas sekitar 30-40 persen.

Teknik tunneling seperti ini memang ada satu sisi kurang baiknya, karena akan membuka blokir terhadap situs-situs yang diblok oleh Kominfo.

ads

Tetapi sekali lagi yang kita lihat di sini adalah efisiensi penggunaan kuota dari user atau siswa di rumah.

Berikut, membuat RT/RW net, yah ini adalah solusi tercepat dan mudah dibuat. Menggunakan metode pemancar wirelles dengan cakupan yang luas di suatu daerah agar daerah tersebut dapat menikmati internet, tinggal nanti disetting jam agar bisa mengakses internet dan lain-lain.

Untuk Pemerintah Daerah mungkin bisa memberikan subsidi kuota /siswa, besaran silahkan bisa ditentukan agar meringankan biaya orang tua untuk membeli kuota internet. Ataupun bisa dengan membangun tower centre di beberapa tempat yang coverage / cakupan yang luas.

Untuk Pemerintah Pusat bisa dengan subsidi pada pembelian kuota internet ataupun membuka akses dari wifi id untuk siswa yang akan belajar online melalui wifi corner.

Terakhir, saran untuk ibu dan bapak guru agar meniadakan sistem print tugas, karena ini kurang tepat. Peristiwa yang terjadi di lapangan adalah siswa hanya menyuruh cari artikel kepada orang lain atau operator warnet jika sedang diwarnet kemudian diprint.

Selanjutnya operator warnet biasanya hanya mengganti cover dari setiap siswa tersebut untuk diprint lagi kepada siswa yang lain. Solusinya, menggunakan google form atau aplikasi lain yang ketika mengerjakan tugas siswa tidak perlu melakukan print out dan hasil bisa langsung diterima oleh guru.(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *