BNPB Belum Sampai Lokasi, Jalan Putus, Nasib Kampung Iwaka yang Dilanda Banjir Belum Diketahui

by -
Warga mencoba melewati banjir yang menghancurkan jalan di Kilometer 12, sebelum PT PAL

Timika, fajarpapua.com
Hingga Senin (27/7) siang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika belum mencapai lokasi bencana di PT PAL Kampung Iwaka Kabupaten Mimika yang pada Minggu (26/7) dihantam banjir bandang. Keadaan demikian disebabkan akses jalan ke lokasi tersebut putus total.

“Kami belum bisa akses ke sana, siang ini tim kembali ke lokasi, mudah-mudahan banjir sudah redah. Karena sampai tadi malam jalan yang putus sampai ratusan meter dengan ketinggian banjir 1 meter lebih,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Mimika, Yosias Losu ketika dikonfirmasi Fajar Papua, Senin.

Ia mengatakan, saat ini satu unit truk yang digunakan crew BPBD ke lokasi bencana dalam kondisi rusak.

“Truk yang kita punya hanya satu unit itupun lagi diperbaiki di bengkel. Mudah-mudahan siang bisa digunakan supaya tim reaksi cepat bisa ke lokasi bencana,” ungkapnya.

Yosias tidak bisa memastikan kondisi warga lantaran akses masih terputus total. Tim berencana membawa tali jika masih terjadi banjir akan dilakukan upaya penyeberangan menggunakan bantuan tali.

“Sampai tadi malam banjir deras. Kalau siang ini masih hujan bisa jadi belum bisa lewat,” tandasnya.

Dikemukakan, yang menjadi kendala saat ini pos anggaran bencana BPBD sudah habis. Pihaknya baru mengusulkan di anggaran perubahan.

“Dana kita habis. Tapi untuk bantuan makanan dan pakaian kami akan cari jalan,” tukasnya.(boy)