Anak Tentara Pejuang Trikora Pimpin PLN Timika

by -
Manajer PLN UP3 Timika, Marthinus Irianto Pasensi

Nahkoda PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Timika, Papua baru sepekan berganti dari Hotman Ambarita kepada Marthinus Irianto Pasensi.

Irianto, demikian sapaan akrabnya, baru pertama kali bertugas di PLN Timika setelah melanglang buana bertugas di seantero Papua, bahkan sempat mencicipi kerja di wilayah PLN Makassar, Sulawesi Selatan.

Sebelum menduduki pucuk pimpinan dengan jabatan sebagai Manajer PLN UP3 Timika, lelaki kelahiran Manokwari pada 1975 yang menyelesaikan pendidikan terakhir di Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) jurusan teknik elektro pada 2000 itu sempat menjabat Manajer Perencanaan Sistem Kelistrikan pada Kantor Wilayah Papua dan Papua Barat di Jayapura.

Lahir dari orang tua yang berprofesi sebagai tentara pejuang Trikora, Irianto mengaku memiliki komitmen yang kuat untuk dapat melistriki seluruh wilayah Papua sampai di kampung-kampung pelosok.

“Sudah menjadi komtimen dan kerinduan saya untuk melistriki seluruh wilayah Papua. Apalagi ada peluang untuk itu melalui program ‘Papua Terang’”, katanya kepada awak media di Timika, Rabu.

Jika hanya mengandalkan hitungan bisnis, katanya, PLN tidak mungkin sanggup untuk melistriki seluruh wilayah Papua karena sudah pasti akan tekor ratusan miliar bahkan triliunan rupiah.

“Tugas utama PLN di Papua yaitu bagaimana azas keadilan sosial di bidang kelistrikan itu juga dirasakan dan dinikmati oleh warga Papua. Ada masyarakat yang berpuluh-puluh tahun hidupnya tidak pernah menikmati penerangan listrik. Kehadiran PLN di pelosok-pelosok melalui program ‘Papua Terang’ itu menandakan negara hadir untuk masyarakat setempat,” ujarnya.

INFO IKLAN 0812-3406-8145