4 Cara atasi Ngilu pada gigi

by -
4 Cara atasi Ngilu pada gigi

Keluhan sakit gigi antara lain disebabkan oleh rasa ngilu yang sangat menyakitkan. Sebenarnya rasa ngilu pada gigi bisa disebabkan oleh gigi yang berlubang maupun gigi anda yang sensitif.

Rasa ngilu yang dialami penderita timbul akibat syaraf gigi telah terekspose rangsangan dari luar yang disebabkan oleh lapisan enamel ( lapisan terluar gigi ) yang sangat tipis sehingga mudah rusak maupun terkikis penyebab lainnya dikarenakan gigi penderita terdapat lubang.

Rasa ngilu antara gigi sensitif maupun gigi berlubang secara sekilas terasa sangat mirip dan pemicunya hampir bisa dipastikan adalah sama.

Jika anda pernah mengalami rasa ngilu pada dua kondisi ini, barulah anda bisa merasakan perbedaannya. Penyebab rangsangannya bisa dari makanan atau minuman yang terlalu dingin maupun panas atau terlalu asam bahkan udara pun bisa menjadi pemicunya.

Perbedaan antara Ngilu Gigi Sensitif dan Gigi Berlubang.

Kedua rasa ngilu yang muncul akibat gigi sensitif maupun gigi berlubang memiliki persamaan dari sebab munculnya, yaitu sama sama muncul ketika terjadi kontak dengan pemicu nya.

Rasa ngilu yang terjadi akibat gigi berlubang hanya dirasakan pada bagian gigi yang mengalami kerusakan ( berlubang ). Dan pada umumnya akan semakin terasa ngilu nya saat sedang mengunyah

Sedangkan rasa ngilu yang terjadi akibat gigi sensitif, biasanya terjadi pada hampir semua gigi. Misal respon terhadap minuman dingin, maka hampir semua gigi merasakan ngilu tersebut.

Untuk mengatasi rasa ngilu pada gigi berlubang, anda dianjurkan mengkonsultasikan dengan dokter. Sedangkan untuk gigi sensitif anda bisa mencoba cara berikut ini :

4 Cara atasi Ngilu pada gigi

Saat gigi kita merakan ngilu yang berlebihan, jangan terburu – buru menguranginya dengan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit. berikut ini cara atasi rasa ngilu yang bisa anda lakukan secara rutin di rumah.

Memilih pasta gigi khusus gigi sensitif

Banyak pilihan pasta gigi yang dijual di toko – toko, sebaiknya anda meneliti kembali anjuran pemakaian yang biasanya tertera pada bungkus pasta gigi tersebut apakah dikhususkan untuk gigi sensitif atau tidak.

Beralih ke sikat gigi dengan bulu lembut ( soft )

Hasil penelitian dibidang kesehatan telah menghasilkan produk Sikat gigi kini tersedia beraneka ragam dari segi tekture gagang, bentuk bulu dan kelembutan bulu sikat. Pililah sikat gigi dengan bulu lembut untuk mencegah lapisan terluar gigi anda semakin rusak.

Cegah Makan/Minum yang bertempratur tinggi atau Rendah

Meminum teh hangat yang cukup panas tentunya dapat menghangatkan tubuh, tapi perlu di ingat dan di perhatikan. Apakah lapisan terluar gigi anda sanggup menahan tempratur tersebut agar tidak menyentuh saraf gigi didalamnya.

Kumur Air Garam

Solusi dengan berkumur menggunakan air hangat yang dicampurkan garam sering menjadi pilihan pertama saat anda mengalami gigi ngilu. Hal ini di duga karena air garam dengan struktur air yang sedikit kasar, dapat mengangkat sisa – sisa kotoran yang menempel pada gigi yang bisa mengundang bakteri bermunculan.


Apakah anda salah satu penderita gigi ngilu ? coba anda perhatikan tanda – tanda awal dan dimana saja sara ngilu itu terjadi. Bila semua gigi anda terasa sakit atau ngilu, bisa jadi anda menderita gigi sensitif dan bisa mencoba cara – cara diatas untuk mengatasinya

Tapi ingat selalu, bila sudah cukup mengganggu dan lama, sebaiknya anda segera mengkonsultasikan dengan dokter gigi agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250