KESEHATAN

3 Orang Ilmuwan Penemu Virus Hepatitis C Di Anugrahi Nobel Kedokteran 2020

cropped cnthijau.png
5
×

3 Orang Ilmuwan Penemu Virus Hepatitis C Di Anugrahi Nobel Kedokteran 2020

Share this article
3 Orang Ilmuwan Penemu Virus Hepatitis C Di Anugrahi Nobel Kedokteran 2020

Hepatitis C adalah virus yang ada didalam darah dan dapat berakibat pada peradangan kronis pada hati sehingga mengakibatkan jaringan parut parah dan akhirnya menjadi kanker. Inilah jenis virus yang telah ditemukan oleh Ilmuwan kedokteran

3 Orang Ilmuwan penemu Virus Hepatitis C di anugrahi nobel kedokteran dibidang fisiologi ini adalah Harvey Alter yang berusia 85 tahun, Michael Houghton usia 69 tahun dan Charles Rize berusia 68 tahun. Dengan penemuannya ini, sebuah virus baru yaitu Virus Hepatitis C.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Meskipun dunia kedokteran dan kesehatan sudah memahami dan mengetahui mengenai virus Hepatitis A dan Hepatitis B, namun banyak kasus hepatitis kronis yang belum bisa dijelaskan penyebabnya dengan tepat.

“Penemuan ini ( Virus Hepatitis C ) telah berhasil membongkar sisa – sisa kasus dari sederetan Kasus Hepatitis Kronis sehingga dapat membuka jalan dalam dilakukan tes darah dan obat – obatan baru yang akan menyelamatkan jutaan jiwa.” Demikian tulisan dari Komite yang dikutip dari Live Science Selasa ini ( 06/10/2020 )

Ketiga Ilmuwan itu memulai penelitian terhadap virus Hepatitis ini sekitar tahun 1970 hingga tahun 1990-an. Penelitian mereka telah memungkinkan untuk para dokter melakukan skrining virus pada darah pasien dan akhirnya menyembuhkan banyak kasus dan menyelamatkan jiwa pasien.

Penghargaan Nobel bidang kedokteran ini di umumkan pada Senin waktu setempat di Karolinska Institute, Stockholmm, Swedia.

Alter dan Rice saat ini sedang terlibat pada penelitian terkait Virus SARS-COV-2 yang menjadi penyebab Covid-19, sedangkan Houghton masih mencoba mengembangkan Vaksin untuk Hepatitis C.

Menutur Houghton, Uji klinis vaksin hepatitis C kemungkinan besar bisa dilakukan tahun depan di beberapa negara seperti  Jerman, Italia dan tentunya Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *