BERITA UTAMAMIMIKA

Gara-gara Vakum 5 Tahun, GOW Mimika Diingatkan Ini Sebelum Dilantik Bupati

pngtree vector tick icon png image 1025736
5
×

Gara-gara Vakum 5 Tahun, GOW Mimika Diingatkan Ini Sebelum Dilantik Bupati

Share this article
Retrob
Maria Rettob

Timika, fajarpapua.com
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A2PKB) Kabupaten Mimika tengah mempersiapkan pelatihan bagi pengurus Gabungan Organisasi Wamita (GOW) demi peningkatan sumber daya manusia dan kesamaan persepsi dalam menata roda organisasi.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

“Pelatihan berkaitan dengan manajemen organisasi, bagaimana dengan tanggungjawab organisasi ini. Dimana GOW adalah gabungan semua organisasi perempuan baik yang ada di Pemkab, OPD-OPD, satuan TNI, Polri, Kejaksaan, Pengadilan, Organisasi Wanita di BUMN dan instansi vertikal,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A2PKB) Kabupaten Mimika, Maria Rettob saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (7/10).

Dikemukakan, selama lima tahun ini GOW vakum sehingga perlu pembenahan menyeluruh.

Karenanya, setelah pelatihan barulah pihaknya meminta Bupati Mimika melantik pengurus masa jabatan lima tahun kedepan.

“Saat ini kami dari DP3A2PKB Mimika yang memfasilitasi pembentukan, pelatihan sampai pelantikan pengurus. Setelah jalan mereka susun program sendiri kemudian diajukan ke pak Bupati suapaya program sudah bisa jalan. Ketua, sekretaris, bendahara, bidang-bidang sudah terpilih dari semua organisasi perempuan yang ada di Kabupaten Mimika. Saya berharap semua organisasi yang punya wakill di GOW harap mendukung jalannya roda organisasi,” jerlas Mia, sapaan akrab Maria Rettob.

Keuangan GOW, lanjut dia, bersumber dari APBD melalui pos dana hibah Pemkab. Untuk hibah tergantung Bupati arahkan tim anggaran mengakomodir usulan mereka setiap tahun anggaran.

“Termasuk PKK segala program dan kegiatannya juga hibah Pemkab, jika organisasi perempuan seperti PKK dapat dana hibah maka GOW juga mempunyai hak yang sama untuk mendapat dana hibah dari Pemkab. Nanti usulan itu disampaikan ke pak Bupati, pembahasannya akan dikawal sama-sama dengan DP3A2PKB Mimika baik di DPRD maupun di tim anggaran pemerintah,” tuturnya.

“Harapan kita usulan program GOW 2021 dapat disetujui tim anggaran dan DPDR Mimika yang akan akan membahas pagu anggaran secara keseluruhan yang diusulkan Pemkab Mimika,” tambah Mia.(mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *