Tanggapi Keluhan Warga, Tahun 2021 Disperindag Lengkapi Fasilitas Pusat Kuliner Timika

by -
Pasar sentral
Kawasan wasata kuliner Pasar Sentral Timika.

Timika,fajarpapua.com – Kurang memadainya fasilitas yang ada di Pusat Kuliner yang terletak di Pasar Sentral Timika hingga membuat minimnya pengunjung seperti yang dikeluhkan sejumlah pedagang, akan menjadi perhatian serius Disperindag Kabupaten Mimika.

Tim www.fajarpapua.com yang turun ke lokasi pada Kamis malam lalu mendapati fakta, hampir keseluruhan area yang menjadi lokasi berjualan saat itu dalam keadaan becek karena genangan air hujan yang terjadi beberapa jam sebelumnya.

Selain itu, penataan lokasi berjualan juga masih kurang maksimal, sehingga menyebabkan customer terutama warga yang baru pertama kali berbelanja sedikit bingung.

Kondisi ini dan juga belum teraturnya lokasi karena ada sejumlah alat berat yang lalu-lalang disinyalir menjadi salah satu penyebab yang membuat warga enggan berbelanja kuliner di lokasi yang baru dioperasikan beberapa pekan lalu itu.

Kadisperindag Kabupaten Mimika, Michael Go Marani yang ditemui media ini di lokasi Pusat Kuliner Timika mengakui masih banyak kekurangan untuk menjadikan lokasi relokasi PKL tersebut untuk ditempati berjualan. “Memang harus kami akui, untuk saat ini masih banyak hal yang harus kita lengkapi sehingga lokasi ini lebih layak dan hal itu yang terus kita usahakan dan kerjakan,” jelasnya.

Namun untuk fasilitas dasar seperti kamar kecil, lokasi parkir, air bersih dan penerangan telah disiapkan pihaknya. “Fasilitas yang ada seperti air dan listrik semua dapat diakses oleh pedagang secara gratis dan ini berlaku selamanya. Artinya, pedagang yang direlokasi disini tidak perlu membayar dan kepada mereka hanya dikenai retribusi pasar yang besarannya sesuai dengan dan diatur dalam Perda,” jelasnya.

Sebagai upaya untuk membantu PKL yang berjualan di Pusat Kuliner Timika terutama untuk tempat customer menyantap kuliner yang dipesannya lanjut Ketua KNPI Mimika ini, Disperindag Mimika akan mendatangkan tenda kafe yang akan dipasang ditengah-tengah lokasi berjualan.

“Fasilitas tenda ini kami perkirakan pada minggu kedua November akan tiba dan kita akan pasang sehingga pengunjung merasa lebih nyaman dan secara tidak langsung akan berimbas pada omset PKL,” ujarnya.

Sementara berkaitan dengan penataan lokasi, mantan Kadis DPMK Mimika menjamin pihaknya akan menganggarkan dalam Tahun Anggaran 2021 mendatang.

banner 300250

“Saya jamin, pada tahun anggaran depan kita akan melakukan penataan di lokasi Pusat Kuliner Timika. Selain melengkapi fasilitas, lokasi ini akan kami pavingblock termasuk akan membangun fasilitas tempat duduk untuk konsumen,” jelasnya.

Berkaitan dengan alokasi anggaran untuk penataan tersebut, lanjut Michael, pihaknya juga telah meminta dukungan dari Komisi B DPRD Mimika yang pada awal pekan ini melakukan kunjungan kerja ke Pasar Sentral Timika.

“Relokasi dan penataan lokasi Pusat Kuliner Timika memang menjadi salahsatu program yang dilakukan menjelang perhelatan PON XX dan Pesparawi, dimana Mimika menjadi tuan rumah. Jadi kedepannya, lokasi ini akan menjadi rujukan bagi peserta baik PON maupun Pesparawi jika ingin berwisata kuliner atau mencari souvenir,” tuturnya.(mas)

INFO IKLAN 0812-3406-8145