SIM Card Rusak Jangan Buru-Buru Ke Gerai

by -
SIM Card Rusak

Bogor, Fajarpapua.com – Bila diamati dengan cermat kadang-kadang kita mengalami kehilangan signal padahal kita sedang berada di lokasi terbuka atau lokasi yang biasa kita lalui. Bisa jadi SIM Card Rusak sehingga kurang baik dalam proses registrasi ke menara seluler terdekat.

SIM Card Rusak Atau Smartphone Rusak

Penyebab tidak bisa adanya signal bisa jadi dikarenakan adanya kerusakan secara perangkat atau hardware namun perangkat penerima jarang mengalami kerusakan apabila dalam penggunaan wajar, tidak terjatuh, atau kesalahan dalam proses pengisian daya.

Apabila kita menggunakan perangkat Smartphone dengan baik, tidak terjatuh, atau selalu menggunakan charger orisinal bawaan pabrik atau yang dianjurkan oleh produsen Smartphone maka bisa jadi SIM Card rusak.

Peranan SIM Card adalah untuk proses identifikasi yang dipancarkan oleh perangkat signal atau radio yang dimiliki oleh Smartphone. Identitas yang dikirimkan ada pada rangkaian chip yang berwarna emas dengan metode khusus.

Ketika menara seluler mengenal identifikasi dari sebuah simcard maka menara tersebut akan membiarkan arus data maupun voice menggunakan akses yang ada pada menara tersebut.

Lalu bila kerusakan SIM Card tersebut terjadi pada kita, apa yang harus kita lakukan sebelum kita membawa ke gerai untuk digantikan dengan yang baru. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa di coba satu persatu ketika mengalami indikasi SIM Card rusak.

  1. Bersihkan Chip pada SIM Card rusak tersebut yang berwarna kuning ke emasan dengan tisu yang lembut agar tidak tergores.
  2. Apabila dengan cara membersihkan dengan Tisu tidak memiliki efek apa-apa maka bisa di coba dengan meneteskan sedikit minyak kayu putih pada permukaannya lalu di lap dengan lembut menggunakan tisu.
  3. Pastikan SIM Card tersebut setelah dibersihkan harus dalam kondisi kering sebelum dimasukkan kembali ke dalam slot perangkat Smartphone.
  4. Apabila perangkat anda adalah perangkat yang bisa melepas SIM Card tanpa melepas baterai ( Switch Off ) maka anda perlu mematikan kemudian menyalakan kembali.

Pada umumnya apabila kerusakannya seputar pada lempengan berwarna kuning emas maka permasalahan kehilangan signal tersebut sudah teratasi. Namun apabila masih mengalami kehilangan signal ada baiknya mendatangi gerai operator dari SIM Card rusak tersebut.

Perlu dipastikan pergantian chipset tidak memerlukan upgrade atau migrasi layanan dari prabayar ke pasca bayar. Sehingga anda tidak perlu mematuhi permintaan oknum dari customer service yang selalu menyebutkan wajib migrasi ke pasca bayar.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.