BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Ini Hasil Rapat Pemda dan DPRD Mimika Terkait Nasib Pengungsi 3 Kampung Tembagapura

pngtree vector tick icon png image 1025736
8
×

Ini Hasil Rapat Pemda dan DPRD Mimika Terkait Nasib Pengungsi 3 Kampung Tembagapura

Share this article
Pengungsi
Pertemuan unsur Pemda Mimika, anggota DPRD Mimika, perwakilan warga Banti dan Opitawak di Aula DPRD Mimika Senin (21/12)

Kendala lain, gereja, klinik/puskesmas, sekolah, jalan, jembatan, listrik, air bersih tidak ada. “Ini bukan persoalan mereka mau naik sekarang atau mau naik besok atau lusa, tapi fasilitas itu sudah siap atau belum,” paparnya.

Dikemukakan, persoalan warga tiga kampung, Banti I, Banti II dan Opitawak, menjadi tanggungjawab Pemkab Mimika dengan PT Freeport Indonesia (PTFI). Pemkab, DPRD dan PTFI akan duduk kembali untuk bahas kapan dimulainya rehabilitasi rumah-rumah warga itu.

ads

“Artinya dalam pertemuan nanti akan dibahas Pemkab tanggulangi yang mana saja, PTFI kerja yang mana supaya jelas pembagiannya. Tidak bisa pekerjaan ini diserahkan ke salah satu pihak saja, tapi perlu dirinci mana yang jangka pendek, jangka menengah dan panjang,” katanya.

Misalkan lanjut Roby, untuk jangka pendek misalnya pekerjaan apa saja yang urgen, begitu juga jangka menengah dan jangka panjang.

“Item pembagian ini boleh terjadi jika Pemkab dan PTFI duduk bersama dan bagi sama-sama pekerjaan supaya berat atau ringan sama-sama pikul. Kondisi saat ini tidak bisa diserahkan ke satu pihak dan membebani mereka,” terang Roby. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *