BERITA UTAMAMIMIKA

Dandim Pimpin Panen Buah Melon Poktan Mandiri di SP 4 Mimika, Minta Berdayakan Petani Lokal

pngtree vector tick icon png image 1025736
3
×

Dandim Pimpin Panen Buah Melon Poktan Mandiri di SP 4 Mimika, Minta Berdayakan Petani Lokal

Share this article
Gapoktan
Panen raya kelompok Tani Mandiri di Sp 4.

Timika, fajarpapua.com – Kelompok Tani (Poktan) Mandiri binaan Kodim1710/Mimika melakukan panen bersama buah melon dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di wilayah Papua, Senin (4/1). Yang menarik, pada panen perdana tersebut warga menyinggung pentingnya pemberdayaan petani lokal.

Panen buah melon dipimpin langsung Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya bersama anggota kelompok Tani Mandiri bertempat di Jl. Poros Pomako SP 4 Jalur 7 Distrik Wania Kab. Mimika.

ads

Dandim 1710/Mimika Letkol Yoga Cahya Prasetya menyampaikan apresiasi serta dukungannya kepada kelompok Tani Mandiri yang telah membantu program pemerintah dalam penyediaan kebutuhan masyarakat terlebih dalam situasi pandemi COVID- 19 saat ini.

Namun, selepas panen, hal yang tentu dipikirkan para petani adalah bagaimana hasil kebun dapat dipasarkan sehingga dapat menguntungkan petani, maka sangat diperlukan pendampingan dari TNI dan Pemda.

“TNI bersama dengan Pemda memiliki tugas dalam pendampingan kepada para petani, namun kendala yang dihadapi petani di SP4 saat ini adalah masalah debit air yang masih tinggi, guna menormalisasi aliran air, Kodim 1710/Mimika akan mengupayakan melalui kegiatan karya bakti,” ungkap Dandim.

Dandim Letkol Yoga mengharapkan adanya hubungan saling menguntungkan antara petani dan pengepul.

“Di sinilah peran pendampingan yang dilakukan Babinsa Kodim 1710/Mimika Koptu Jamal untuk menjembatani hubungan para petani dengan Pemda melalui Dinas Pertanian, sehingga bisa memberikan penyuluhan, sharing maupun kebutuhan pupuk bagi petani,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Mandiri Jaya Untung sangat berterimakasih kepada Kodim 1710/Mimika khususnya kepada Babinsa Koptu Jamal yang selalu mendampingi kelompok Tani Mandiri mulai dari pengolahan lahan, masa tanam sampai dengan panen.

Serta menjembatani antara kelompok Tani dengan dinas pertanian dalam pemberian penyuluhan maupun ketersediaan pupuk tanaman.

“Kami mengharapkan nantinya dari kelompok tani makin maju lagi,” harapnya.

Sementara Ilyas (Suplier dari Vendor ke Pangan Sari) berharap semua komponen di Timika bisa bekerjasama terutama dalam memberdayakan petani lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *