BERITA UTAMA

Wartawan Peliput PON Diharapkan Menguasi SOP, Laporan Cepat Akurat dan Valid

pngtree vector tick icon png image 1025736
4
×

Wartawan Peliput PON Diharapkan Menguasi SOP, Laporan Cepat Akurat dan Valid

Share this article

Jayapura, fajarpapua.com – Penyelenggaraan pelatihan jurnalis peliput PON XX Papua Tahun 2021 yang akan diselenggarakan bulan Oktober mendatang, diharapkan membentuk wartawan yang menguasai SOP, cepat tepat dan akurat.

Pelatihan yang diikuti 17 media itu berlangsung di Kota Jayapura bertempat di Hotel Fox Jayapura, Rabu (20/1).

ads

Kegiatan berlangsung selama tiga hari 20-23 Januari 2021, yang diikuti 100 Jurnalis Timika, Merauke, kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

“Tujuan kegiatan ini untuk menyediakan SDM jurnalis yang handal, menguasai SOP peliputan PON, memberi bekal jurnalis dalam meliput kegiatan PON, serta dapat melaporkan pertandingan dengan cepat, akurat dan valid,” kata ketua panitia pelatihan Yean Bisay kepada Fajar Papua disela-sela pelatihan.

Sekum PB PON Drs. Elia Lopati mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari tugas Humas PPM, supaya jurnalis mempunyai kemampuan dalam peliputan PON.

Elia menekankan pemberitaan harus mengacu pada data yang akurat, dapat memberitakan kepada publik secara benar dan tepat. Selain itu jurnalis juga diminta untuk bisa menghasilkan foto atau kreasi yang bisa dikenal dunia.

“Jurnalis Papua harus bersaing secara kompetitif, dapat memberitakan berita yang spektakuler dan dapat menyenangkan publik,” kata Elia

Lebih lanjut dia berharap pelatihan ini dapat menghasilkan jurnalis olahraga yang diperhitungkan.

Sementara itu Gubernur Papua dalam sambutannya yang dibacakan staf ahli Tri Warno, berharap pelatihan ini menghasilkan jurnalis Papua yang handal.

“Penyelenggaraan PON tidak lepas dari peran jurnalis yang menyampaikan prestasi atlit, hendaknya PON XX harus sukses prestasi, sukses penyelenggara, sukses ekonomi,” ungkapnya.

Lebih lanjut humas PPM menjadi terdepan dalam meningkatkan citra Papua baik nasional, maupun internasional dalam bentuk berita yang terencana baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *