BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Warga Timika Gaungkan Petisi Tangkap Ambroncius Nababan, Waterpauw : Libatkan Cyber Bareskrim Polri

pngtree vector tick icon png image 1025736
11
×

Warga Timika Gaungkan Petisi Tangkap Ambroncius Nababan, Waterpauw : Libatkan Cyber Bareskrim Polri

Share this article

Sementara Sekretaris DPD KNPI Mimika, Suraya Madubun dalam unggahan di akun Facebooknya, mengingatkan bahwa luka lama akibat sikap rasis yang menimpa warga Papua belum kering dan jangan sampai menjadi borok.

“Tak dapat dipungkiri bahwa kebebasan berbicara dan menyampaikan pendapat secara lisan maupun tertulis memudahkan seseorang utk melakukan ujaran kebencian (hate speech) kepada orang/kelompok lain dalam bentuk provokasi, hasutan ataupun hinaan menyangkut berbagai aspek seperti ras, warna kulit, etnis, gender, cacat, kewarganegaraan, agama dan lain-lain. Sama halnya yang menimpa Bpk Nathalius Pigai. Terlepas kontroversial dari berbagai pendapatnya selama ini, penghinaan beraroma rasialis yg ditujukan kepada beliau sangat keterlaluan dan sdh bbrp kali terjadi sebelumnya.. Pemerintah harus mengambil sikap tegas agar kejadian ini JANGAN PERNAH TERULANG KEMBALI kepada siapapun orang Papua di NKRI.. Karena luka lama yg tak kunjung sembuh akan semakin menjadi borok,” tuturnya.

ads
  • Pernyataan Kapolda Papua

Menanggapi, sikap rasis Ambroncius Nababan serta untuk menurunkan tensi dimasyarakat, Kapolda Papua, Irjen. Paulus Waterpauw menulis pesan yang disampaikan melalui salahsatu WhatsApp Group tokoh masyarakat di Papua.

Fajar Papua sengaja tidak melakukan editing, terhadap pernyataan yang disampaikan Kapolda Papua dalam menyikapi permasalahan ini :

Yth. Bpk/ibu sdr/i group SoP, terkait dengan adanya akun an sdr ambrocius Nababan yg diduga telah menyerang sdr Natalis Pigai perlu disampaikan bbrp hal sbg masukan bagi kita semua sbb :

Perihal beredaranya ungkapan yg diduga mengandung unsur rasisme thd Natalius Pigai (Mantan Komisioner KOMNAS HAM RI) oleh Akun FB a.n. Ambroncius Nababan di Media Sosial dan Media Online telah dilakukan langkah hukum upaya penegakkan hukum dg mensinergikan unsur Cyber Bareskrim Polri dan Polda Metro juga Polda Papua guna mengungkap pelaku utama dan pihak yg turut menyebarkan berita yg nantinya dapat berpotensi menjadi isu rasis dan konflik di papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *