Warga Lanjut Usia di Bhintuka Kebanyakan Terserang Hipertensi, Obat dan Senam untuk Bertahan !!!

by -
Puskesmas Bhintuka
Kepala Puskesmas Bhintuka, Agustina Wanimbo, AMK

Timika, fajarpapua.com – Petugas Puskesmas Bhintuka, Distrik Kuala Kencana (KK) secara rutin melayani pengobatan kepada para warga lanjut usia (lansia). Kebanyakan lansia di wilayah itu terserang hipertensi.

Kepala Puskesmas Bhintuka, Agustina Wanimbo, AMK saat ditemui wartawan beberapa hari lalu mengatakan jumlah lansia banyak karena wilayah kerja puskesmas ada beberapa kampung seperti Bhintuka, Jayanti, Utikini ada tiga kampung. Jangkauan wilayah tidak terlalu luas tapi penduduknya cukup banyak.

“Keluhan para lansia rata-rata mereka penyakit hipertensi. Sehingga tiap bulan petugas rutin memeriksa dan memberi obat. Obat yang dikasih sesuai resep dokter untuk hipertensi biasanya untuk satu bulan. Obat habis mereka datang kontrol kembali lalu ambil obat lagi. Itu dilakukan secara rutin tiap bulan. Biasanya ada senam lansia secara bersama-sama dengan petugas di puskesmas. Intinya kami jaga betul agar para lansia tetap bugar dan sehat. Kemudian mereka tetap melakukan aktiftas setiap hari di rumah mereka masing-masing,” terang Agustina.

banner 300250

Khusus lansia, kata dia, ada program yang dianjurkan Kemenkes. Program dimulai dari pemeriksaan kesehatan, bantuan makanan tambahan, obat-obatan, dan olahraga lansia. Untuk Lansia, ada petugas puskesmas yang mengawasi, bagaimana mereka ikut aktif posyandu, kalau yang ada keluhan harus diikuti dengan pemeriksaan seperti gula darah, diabetes, hipertensi, dan penyakit bukan menular lainnya.

Sedangkan untuk menjaga kebugaran, Agustina menjelaskan, para lansia dan petugas selalu rutin melakukan senam. Kegiatan senam lansia dengan harapan kebugaran dijaga sehinggasecara fisik tetap terjaga.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.