WHO: Covid-19 Akan Segera Menjadi Endemik

by -
Covid 19 Akan Segera Menjadi Endemik
ilustrasi smh.com.au

Bogor, Fajarpapua.com – Melihat perkembangan dari pandemi Covid-19, WHO menyebutkan bahwa Covid-19 akan Segera menjadi Endemiks. Dan ini berarti Virus Corona atau Covid-19 memang di perkirakan tidak akan hilang dalam waktu dekat.

Covid-19 Akan Segera Menjadi Endemik

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia ini memang cukup memberikan efek terhadap berbagai sektor baik di bidang ekonomi, politik, kesehatan dan lainnya.

Dengan ditetapkannya Covid-19 sebagai endemik yang berarti wabah ini tetap akan ada dalam waktu yang cukup lama dan tidak akan hilang dengan mudah, tentunya bukan berarti tidak bisa dikurangi atau dicegah penularannya.

Beberapa kasus Endemik yang lainnya seperti malaria yang pada beberapa negara dinyatakan aman namun di beberapa wilayah lainnya masih dinyatakan endemik yang disebabkan oleh kondisi alam dan “media” malaria yaitu nyamuk yang cukup banyak pada negara tersebut.

Sehingga para pakar kesehatan dunia mengharapkan agar kesedihan dan ketakutan yang timbul akibat dari pandemi virus corona ini tidak lagi berlarut-larut, lakukan pencegahan yang maksimal sehingga memperkecil kemungkinan terpapar virus corona.

Hal tersebut kembali dicontohkan kepada penyakit malaria yang ditanggulangi dengan mengurangi ruang hidupnya seperti menghilangkan sarana nyamuk bertelur pada genangan air, rajin membersihkan lingkungan dan menyingkirkan segala kemungkinan yang membuat adanya genangan air pada lingkungan.

Seperti yang disampaikan oleh pakar penyakit menular asal Amerika Serikat (AS) Dr. Anthony Fauci yang menyebutkan bahwa virus corona tidak akan hilang dalam waktu dekat walaupun angka infeksinya terus menurun, dan hal ini termasuk yang terjadi di Amerika Serikat (AS).

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mendefinisikan endemik sebagai keberadaan konstan atau prevalensi biasa dari suatu penyakit dalam suatu populasi di wilayah geografis tertentu. Penyakit endemik menyebar pada tingkat dasar setiap tahun tanpa menyebabkan gangguan besar pada kehidupan masyarakat, kata Dr. Donald Burke, profesor epidemiologi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pittsburgh.

Dr. Pritish Tosh, seorang dokter dan peneliti penyakit menular di Mayo Clinic mengatakan, suatu penyakit dapat menjadi endemik di satu negara tetapi dapat dianggap sebagai wabah atau epidemik di negara lain. Misalnya, malaria dianggap endemik di beberapa bagian dunia di mana parasitnya dibawa oleh nyamuk.

Perbedaan Pandemi dengan Endemik

Untuk dapat memahami apa yang dimaksud oleh WHO bahwa Covid-19 akan menjadi endemik ada baiknya kita mengetahui pengertian kedua istilah tersebut, seperti yang dijelaskan berikut ini:

  • Pandemi, Mengacu kepada epidemi global atau kejadian secara menyeluruh/luas yang terjadi di berbagai kawasan atau negara di dunia.
  • Endemik, Mengacu kepada penyebaran atau tingkat penularan yang berada pada satu wilayah tertentu saja dan tidak terlalu mengancam daerah atau negara lainnya secara umum.