BERITA UTAMAMIMIKA

Lekagak Telenggen, Sosok Komandan TPNPB-OPM yang Brutal dan Digadang-gadang Setara Almarhum Kelly Kwalik

cropped cnthijau.png
31
×

Lekagak Telenggen, Sosok Komandan TPNPB-OPM yang Brutal dan Digadang-gadang Setara Almarhum Kelly Kwalik

Share this article
Pimpinan KKB, Lekagak Telenggen yang Dikenal Brutal.
Pimpinan KKB, Lekagak Telenggen yang Dikenal Brutal.

Panglima Kodap di Sinak, Puncak Jaya itu juga tidak segan menembak mati warga sipil, guru, petugas medis bahkan warga asli Papua yang mereka curigai sebagai mata-mata

Saat ini menjadi perhatian adalah aksi Kelompok Sabinus Waker di Beoga yang menewaskan 3 orang serta membakar puluhan bangunan dan helikopter serta pesawat ringan milik MAF.

Dari penelusuran diketahui, Kelompok Sabinus Waker ini ternyata memiliki afiliasi atau hubungan dengan Lekagak Telenggen, Komandan TPNPB-OPM atau Pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB Papua) yang dikenal brutal karena sejumlah aksi terornya.

ads

Bahkan Lekagak saat ini digadang-gadang oleh sejumlah pimpinan TPNPB-OPM di sejumlah wilayah pegunungan sebagai sosok yang setara dengan Kelly Kwalik.

Selain beberapakali menewaskan anggota Kopasus TNI AD serta anggota TNI-Polri, serangan Lekagak Telenggen yang menjadi Panglima Kodap di Sinak, Puncak Jaya itu juga tidak segan menembak mati warga sipil, guru, petugas medis bahkan warga asli Papua yang mereka curigai sebagai mata-mata.

Siapa dan apa saja teror yang dilakukan oleh Lekagak Telenggen? Dari sejumlah catatan yang berhasil disarikan fajarpapua.com dari berbagai sumber diketahui Lekagak Telenggen merupakan Pimpinan KKB Papua Yambi yang bermarkas di Kabupaten Puncak Jaya.

Lekagak diduga juga memimpin rombongan TPNPB-OPM yang meliputi KKB Ilaga, Militer Murib, KKB Papua Tembagapura pimpinan Seltius Waker, dan  KKB  Papua  Ugimba pimpinan Guspi Waker.

Lekagak Telenggen adalah Komandan Operasi Umum TPNPB atau Panglima Kodap  Sinak  atau  Komandan TPNPB-OPM Puncak Jaya.

Aksi teror KKB Papua Lekagak Telenggen yang cukup membekas adalah ia menembak mati seorang prajurit Kopassus di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *