BERITA UTAMA

Ketiadaan Bangunan, Murid SD Negeri Kokonao Terpaksa KBM di Rumah Bekas Guest House dan Duduk di Lantai

cropped cnthijau.png
8
×

Ketiadaan Bangunan, Murid SD Negeri Kokonao Terpaksa KBM di Rumah Bekas Guest House dan Duduk di Lantai

Share this article
Siswa SDN Kokonao terpaksa duduk di lantai
Siswa SDN Kokonao terpaksa duduk di lantai

“Memang berisik. Jadi tunggu satu mengajar selesai, baru ganti yang lain lagi. Kami guru sudah saling mengerti kalau yang satu sudah diam yang lain tinggal sambung mengajar. Ini bukan ruang kelas yang baku tapi ini guest house yang disulap jadi sekolah,” terang dia.

Menjawab pertanyaan wartawan soal pembangunan gedung sekolah, Fiana mengakui sudah ada lahan tapi hingga sekarang Pemkab belum juga bangun.

ads

“Tanah sekolah ada di Kampung Migiwiya. Katanya sebelum bangun menurut rencana Dinas Pendidikan harus turun tinjau dulu lokasinya. Info yang kami terima, Dinas pendidikan dalam persiapan pembangunan sekolah ini. Usulan sudah masuk tapi ditinjau dulu baru tukang mulai tahap pembangunannya,” ujar Fiana yang mengakui baru dipindahkan ke sekolah ini pada awal Februari 2021 lalu.

Sebelumnya, selama 4 tahun Fina bersama rekannya Olla Akeli mengajar sebagai guru kontrak di SD Inpres Sumapro, Distrik Jita.

Fiana bersama Olla Akeli dan Maria Tanah jadi guru kontrak Dinas Pendidikan Mimika sejak 2017

Mereka berharap pembangunan sekolah SD Negeri Kokonao bisa terlaksana dalam tahun ini. Meski sekolah dalam rumah bekas guest house tapi KBM berjalan tiap hari dengan tertib dan disiplin.

Apalagi sekolah ini siswanya rata-rata anak Kamoro yang sebelumnya putus sekolah di sekolah lain.

Lebih lanjut dia menjelaskan selama bertugas di sekolah tersebut tidak ada kendala. Meskipun putus sekolah, namum kebanyakan murid rajin dan tertib dalam belajar.

“Kami tidak merasa kesulitan dan selalu berbaur dengan masyarakat. Apalagi kami dikasih apa-apa dari mereka, kami terima saja,” ujarnya.

Dia juga berharap jika ada kesempatan guru-guru kontrak atau guru honor dapat diangkat jadi ASN atau P3K sebagai bukti perhatian pemerintah terhadap guru yang sudah mengabdi di pedalaman Mimika bertahun- tahun.

Untuk KBM tiap hari mulai pukul 08.00-11.00. Selain gedung sekolah, perumahan guru untuk kepala sekolah dan tiga guru kontrak juga sangat dibutuhkan.(mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *