BERITA UTAMA

Bahaya Sering Konsumsi Mie Instan Dengan Nasi Putih

cropped cnthijau.png
6
×

Bahaya Sering Konsumsi Mie Instan Dengan Nasi Putih

Share this article
bahaya mie instan
image waspada hindari sahur dengan mie instan dicampur nasi

Pernahkan kamu mendengar ungkapan bahwa mengonsumsi mie instan bersama nasi menimbulkan efek buruk pada kesehatan?

Mie instan memang menjadi salah satu makanan yang praktis karena cara pembuatannya sangat mudah. Disamping itu harganya yang murah juga membuat mie instan semakin laris manis di pasaran.

Ads

Adapun kebiasaan orang Indonesia yang sering ditemui adalah mengonsumsi mie instan bersama dengan nasi agar perut lebih kenyang. Namun siapa sangka jika kebiasaan ini justru berbahaya untuk kesehatan. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • Gizi tidak terpenuhi

Nasi merupakan sumber utama karbohidrat, begitupun juga mie instan yang terbuat dari tepung. Memang jika mengkombinasikan kedua makanan tersebut rasa lapar di perut akan segera hilang. Tetapi, kebutuhan gizi dan nutrisi yang diperlukan tubuh tidak akan terpenuhi, sehingga membuat tubuh menjadi  lebih mudah terserang penyakit.

  • Merusak organ pankreas

Jumalh konsumsi karbohidrat yang terlalu banyak akan meninggikan kadar zat gula, dan kemudian akan berubah menjadi hormone insulin. Organ yang berperan utama dalam mengolah hormone adalah pancreas, jika zat gula yang harus diolah banyak. Maka semakin keras tinggi pula kinerja pancreas, dan ini bisa menimbulkan pancreas rusak.

  • Dapat meningkatkan produksi hormon insulin

Dalam satu porsi kombinasi makanan antara nasi dengan mie instan setidaknya mengandung sebanyak 750 kalori. Seperti yang sudah disebutkan di atas jika kelebihan konsumsi karbohidrat akan memicu kadar gula menjadi naik dan selanjutnya berubah menjadi hormone insulin. Jika kadar insulin pada tubuh kamu tinggi, maka kamu juga akan mudah terserang penyakit.

  • Volume perut menjadi lebih lebar

Karena jumlah karbohidrat yang masuk kedalam tubuh akibat mengonsumsi nasi beserta mie instan tinggi, maka hal tersebut akan memperlebar volume perut kamu. Jika hal ini dilakukan secara sering, lama-kelamaan kamu akan terkena obesitas.

Itulah mengapa banyak pakar kesehatan menyarankan untuk tidak mengonsumsi mie instan dengan nasi secara bersamaan.

Sebelum resiko hal buruk terjadi, sebaiknya hentikan mulai sekarang jika kamu sering melakukan kebiasaan tersebut. Dengan begitu kamu akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *